Peliput: Iman Supa Editor: Zaman Adha

RAHA, BP – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kabupaten Muna menyelenggarakan Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Prajabatan yang diikuti 105 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Terdiri dari kategori 1 (K1) maupun (K2) dan non honorer yang diangkat melalui pengangkatan khusus angkat IX, X maupun XI.

Prajabatan diantaranya diikuti 90 peserta dari bidan, dua dokter, 13 peserta dari penyuluh pertanian, bertempat di gedung Diklat, Senin (18/12).

Dalam Sambutannya Kepala BPSDM Sulawesi Tenggara (Sultra) Drs H Samudra mengungkapkan, Provinsi Sultra berterimakasih terhadap Pemerintah Daerah (Pemda) Muna yang telah bekerjasama dengan harmonis sehingga penyelenggaraan diklat dapat dilaksanakan dengan lancar.

“Sudah tugas BPSDM Sultra menyelenggarakan Diklat Prajabatan bagi CPNS, diklat manajerial maupun diklat kepemimpinan di daerah
yang yang diamanatkan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI,” jelasnya.

Lanjutnya, hal ini didasari BPSDM Sultra yang dahulu bernama badan diklat, itu satu-satunya lembaga yang terakreditasi yang berhak menyelenggarakan kegiatan prajabatan. Sehingga lembaga lain yang menyelenggarakan itu ilegal/tidak akan diakui karena yang mengeluarkan nomor registrasi adalah LAN RI atas usulan BPSDM Sultra.

“Seharusnya dilaksanakan di Kendari tetapi berkat komunikasi Pemda Muna sehinga dilaksanakan di Muna (BPSDM Muna), hal ini untuk efisiensi dan efektivitas,” ungkapnya.

Peserta CPNS kata Samudra, wajib mengikuti kegiatan ini. Sebab pelaksanaan Diklat Prajabatan sebagai persyaratan menjadi PNS. Jika tidak lulus dalam prajabatan, CPNS akan dikaitkan dengan UU ASN yang masa percobaannya satu tahun, atau mengulang lagi hingga lulus.

Selain itu, Ia menyebutkan Kabupaten Muna dalam pembinaan dan pengembangan para ASN cukup tinggi terbukti dengan penyelenggaraan prajabatan. Dalam prajabatan CPNS diberikan beberapa materi yang dapat membentuk wawasan yang luas bagi pesertanya.

Prajabatan juga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Muna Nurdin Pamone maupun Kepala BPSDM Kabupaten Muna La Kusa. (*)

Pin It on Pinterest