Keindahan Gua Mansolono di Desa Lalibo

Peliput: Alamsyah Pradipta

MASTENG, BP – Kabupaten Buton Tengah (Buteng) kembali menawarkan keindahan lewat pariwisata guanya, salah satunya adalah Gua Mansolono yang terletak di Desa Lalibo Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng), Kabupaten Buteng.

Romi, salah satu pengunjung Gua Mansolono mengatakan, gua yang bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam setengah ini merupakan gua yang sangat indah serta memiliki mata air yang jernih dan bisa langsung diminum aau dikonsumsi oleh para pengunjung.

“Gua ini sangat indah kalau pengunjung yang datang pasti bisa langsung melihat keindahannya, dan disini banyak binatang-binatang yang masih hidup liar, intinya masih alami. Untuk perjalanan sendiri wisatawan bisa menempuh perjalanan satu jam lebih saja kalau naik motor dan akses ke gua ini sangat mudah,” ungkapnya.

Romi mengharapkan, agar kedepannya gua tersebut terus dijaga keindahan dan kealamiannya, dan sebisa mungkin para pengunjung tidak melakukan perbuatan-perbuatan jahil yang dapat merusak keindahan gua.

“Saya berharap semoga kedepan gua ini bisa dirawat sama warga sekitar dan para wisatawan nantinya, karena kalau kita lihat beberapa gua di Buteng ini sudah ada yang dirusak seperti di coret-coret, dibawah pulang barang-barang yang ada dalam gua, dan sisa makanan yang di buang sembarang tempat, saya harap kedepan adanya kesadaran semua pihak,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest