Tingkatkan Produktivitas Nelayan, DKP Gandeng Koperasi

 

Peliput: Alamsyah Pradipta

BAUBAU, BP – Untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Baubau mengadakan program kerja pembangunan infrastruktur serta fasilitas kepada nelayan.

Kepala DKP Drs Amiruddin. Msi mengatakan, dengan adanya program ini, nelayan dapat bekerja lebih professional. Sehingga hasil tangkapan dan produktifitas nelayan semakin meningkat.

“Kami memberikan fasilitas seperti alat tanggkap atau fasilitas budidaya maupun fasilitas yang ada didarat. Ini bertujuan agar nelayan lebih terstruktur serta lebih profesional lagi, sehingga bisa menambah keterampilan nelayan dan otomatis meningkatkan kesejahteraan nelayan,” ungkapnya, kamis (20/10).

Untuk merealisasikan program ini, DKP akan membangun kerja sama dengan koperasi, dari segi permodalannya. Amiruddin menyebutkan, saat ini pihaknya sudah membentuk tiga koperasi perikanan di Kota Baubau.

“Untuk pengorganisasian sumber daya manusianya kami melakukan pendampingan bersama koperasi, agar para nelayan dapat terkodinir, dan menjadi lebih baik dengan pantauan koperasi yang ada. Koperasi yang dibentuk sekarang terdapat di Kelurahan Wameo, Kelurahan Bone-bone, dan Kelurahan Sulaa, dan akan ada lagi pembentukan satu koperasi baru di Kelurahan Lowulowu,” ungkapnya.

Hal ini kata Amiruddin, merupakan upaya Pemerintah Kota Baubau dalam hal ini DKP, untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan yang berimbas pada peningkatan kesejahtaraan nelayan.

“Semua ini adalah upaya dalam pemberdayaan, pembinaan, sumber daya manusia nelayan, menyangkut keterampilan, menyangkut profesionalisme mereka, sampai dengan penanaman permodalan untuk para nelayan,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest