Keindahan Gua Kakaha Desa Lasori

Peliput: Alamsyah Pradipta

MASTING, BP – Gua Kakaha merupakan salah satu dari sekian banyak gua yang berada di Kabupaten Buton Tengah, pasalnya gua ini memiliki pemandangan yang sangat indah serta kealamaiannya yang masih terjaga, dan airnya yang segar jika di pakai untuk mandi, banyak pengunjung yang senang ke gua ini jikia hari libur, dimana perjalanan untuk menuju gua tersebut tidaklah sulit dan tidak memakan waktu lama, bisa ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dari Desa Lamena.

Salah satu pengunjung Romi mengatakan gua ini memiliki kedalaman yang cukup jauh kebawah gua dan memiliki keindahan yang cukup eksotis.

“Dengar-dengar dari penduduk katanya kedalaman gua ini dalam sekali tidak bisa diukur kebawah, airnya sendiri berasal dari mata air gunung dan ada juga dari lautnya, menurut saya indah, capa lagi pemandangannya yang alami, kalau saya tidak berani mau mandi tapi diperbolehkan mandi disini sama warga sekitar,” tuturnya, jumat (21/10).

Pengunjung lainnya Vita mengatakan dirinya suda kali kedua datang ke Gua Kakaha untuk berlibur karena pemandangannya yang indah dan alami.

“Saya senang kesini apa lagi saat liburan dengan temasn-teman, apa lagi masi banyak teman-teman yang baru pertama kali ke gua ini, kalau saya ini suda kedua kalinya saya kesini, soalnya pemandangan disini sangat indah apa lagi guanya airnya jernih terus bersih, terlihat dalam sekali airnya kebawah,” tututrnya.

Vita berharap, makin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Gua Kakaha, sebisa mungkin turut melestarikan kealamian gua, agar keindahan Gua Kakaha terus terjaga kedepannya.

“Harapan saya buat semua pengunjung yang ke Gua Kakaha ini bisa menjaga kebersihan jangan buang sampah sembarangan, kalau habis makan kalau bisa langsung bakar bekas sampahnya biar tidak berserakan, kan kalau kita jaga gua ini akan terjaga juga keindahannya serta terjaga juga ekosistem disekitarnya,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest