Pangdam VII/Wirabuana: Waspadai Radikalisme

Peliput: Zaman Adha
BAUBAU, BP – Radikalisme yang merupakan ancaman global, harus diwaspadai melanda Indonesia khsusnya Kota Baubau. Masyarakat harus senantiasa mewaspadai segala tindak tanduk mencurigakan dari kelompok memiliki aliran radikal.
Pangdam VII/Wirabuana, Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengungkapkan, saat ini perlu diwaspadai orang-orang Indonesia yang bergabung dengan ISIS, dan kembali pulang ke tanah air. Karena ISIS mengalami kekalahan pertempuran di Suriah.
“Pekembangan tentang radikalisme termasuk terorisme terkait dengan ISIS, kekalahannya di Suriah yang menyebabkan orang Indonesia yang pernah bergabung dan kembali ek tanah air, harus menjadi perhatian yang serius dari pemerintah,” katanya.
Agus menambahkan, wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) berdekatan dengan daerah rawan seperti Sulawesi Tengah (Sulteng) yang notabene Poso sebagai daerah pergerakan para teroris. “Kondisi geografis dan kondisi masyarakat, kami banyak melihat bibit-bibit kekarasan, maka dalam hal ini Korem, Kodim hingga Babinsa, harus meningkatkan deteksi pencegahan dini terhadap paham radikal, kemudian harus berkordinasi,” jelasnya.
Menurut Jenderal bintang dua ini, pergerakan Radikalisme khususnya di wilayah Sulawesi masih dapat terpantau dan dalam moniotring.(*)

Pin It on Pinterest