KIA Di Muna Dipastikan 2017

Peliput: Iman

RAHA,BP – Program Pemerintah Indonesia mengenai Kartu Identitas Anak (KIA), dipastikan diterapkan di Kabupaten Muna pada tahun 2017. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Abdul Munir, Sabtu (22/10).

Kadis Dukcapil Muna, Abdul Munir yang ditemui diruangannya, mengatakan KIA diperuntukkan untuk anak diusia 0-17 tahun. Tujuannya sebagai kartu identitas sebagai syarat pelayanan publik, misalnya pengurusan administrasi pendafataran di sekolah, layanan kesehatan RSUD dan Puskemas , transaksi keuangan, serta pengurusan administrasi lainnya.

“Dalam KIA tercantum seluruh identitas anak dan alamat domisili. Sehingga saat memasuki dunia pendidikan tidak susah lagi mencari data anak namun program ini dipastikan nanti tahun 2017 baru berjalan,” ungkapnya.

Lanjutnya, program pusat dalam pengurusan tak dipungut biaya, dengan catatan orang tua membawa data lengkap baik nama maupun tempat tanggal lahir. “KIA sebagai KTP anak, setelah berusia 17 tahun baru diganti dengan KTP, Program ini akan disampaikan disekolah-sekolah,” tutupnya (*)

Pin It on Pinterest