Layanan Kesehatan Gratis, Bupati Wakatobi Desak Kadis Kesehatan

Peliput: Duriani
WAKATOBI, BP – Bupati Wakatobi, Arhawi Ruda, menghimbau Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan untuk secepatnya merampungkan data akurat terkait masyarakat yang layak untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis.
Himbauan Bupati Wakatobi tersebut, sebagai jawaban atas janji politik saat proses Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) Tahun 2015. Jika data dimaksud telah ada, pemerintah kabupaten Wakatobi bisa mengalokasikan dana pada pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Wakatobi Tahun 2017.
“Seperti janji politik untuk masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Dinkes seharusnya sudah harus berpikir ketika pemda menyiapkan anggaran gratis di kesehatan, maka di APBD 2017 sudah harus ada data agar dialokasikan,” terang Arhawi Ruda, saat sosialisasi pendalaman visi dan misi Kabupaten Wakatobi 2016-2021 beberapa waktu lalu.
Bupati Wakatobi, dalam kesempatan itu mewarning Dinkes Wakatobi untuk bertindak cepat menjawab kebutuhan masyarakat. Menurutnya, anggaran yang diporsikan untuk kebutuhan masyarakat lebih penting ketimbang menggunakan pada hal-hal yang tidak penting.
“Jangan hanya pikirkan dana rutin agar cepat dihabiskan. Kedepan kita harus berpikir bahwa ada rumah sakit pratama disetiap pulau harus ada. Begitu pula transportasi laut seperti speed boad disetiap pulau harus disiapkan sehingga bisa merespon pasien yang akan dirujuk keluar daerah,” tegas Bupati Wakatobi. (***)

Pin It on Pinterest