Tarian Tradisional Buteng Ramaikan PPBI di Jakarta

Peliput: Alamsyah Pradipta

BAUBAU, BP – Dalam rangka kegiatan Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) 2016 di Jakarta, pihak Pariwisata se Indonesia diajak untuk bekerjasama dan berpatisipasi. Kegiatan tersebut juga diwarnai oleh taria-tarian dan jenis kebudayaan tradisonal, salah satunya tarian tradisonal asal Buton Tengah yang juga turut meramaikan kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, penari Buteng memakai baju adat Buton berwarna biru di selingi warna putih, dan terlihat penari dari Buteng menari dengan indah serta memberikan hiburan dan penampilan memukau, melihat dari banyaknya penonton yang terpesona, bahkan memberikan stand uplos (tepuk tangan berdiri, red.) saat penari Buteng tampil.

Kepada Baubau Post, Fadel yang merupakan warga asli Kepulauan Buton yang sudah lama berdomisili ke Jakarta, yang juga turut menonton acara tersebut mengatakan, sangat bangga bisa melihat tarian dan baju Buton bisa dapat tampil dalam kegiatan PBBI 2016.

“Saya sudah 4 tahun di Jakarta, saya dari Jakarta Selatan jauh-jauh inggin menyaksikan acara PBBI yang katanya menampilkan banyak budaya Indonesia. Ternyata betul terlihat banyak budaya yang ditampilka. Bahkan ternyata ada budaya dari kampung saya di Buton, tadi saya sempat foto-foto juga, saya sangat senang melihat baju adat Buton ada di sini, semoga tahun depan Buton bisa ikut lagi acara PPBI ini,” kata Fadel, Kamis (20/10).

Hal senada juga diungkapkan Andre, salah satu penikmat dan penonton PBBI 2016 asal Bogor yang dijuluki sebagai kota hujan. Andre mengatakan, sangat menyukai dan terkesiman saat menyaksikan tarian Buteng, karena dianggap memiliki gerakan yang cukup variatif yang baru ia lihat.

“Saya datang dari Bogor, kuliah di Jakarta. Saya datang disini karena ingin menyaksikan ragam budaya yang ditampilkan di acara PBBI 2016 kali ini, kebetulan saya sudah dua kali meramaikan acara ini, dan kalau saya lihat tarian dari Buteng sangat bagus, apa lagi musiknya ini baru saya lihat dan dengarkan, menurut saya sangat indah dari gerakan dan kekompakannya, semoga tahun depan (Buteng) bisa mengikuti lagi PPBI ini,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest