Pilkada 2018, Pemkot Baubau Bentuk Satuan Linmas

 

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Menghadapi Pilkada 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau membentuk satuan Perindungan Masyarakat (Limnas) berjumlah 678 orang, yang berasal dari delapan kecamatan di Kota Baubau. Pembentukan ini langsung di buka oleh Walikota Baubau, Drs H As Tamrin MH, di Kotamara, Senin (24/10).

Dalam sambutannya As Tamrin menyampaikan, pembentukan satuan Linmas merupakan kewajiban pemerintah provinsi, kota maupun kabupaten untuk menciptakan rasa aman ditengah-tengah masyarakat, saat Pilkada dilaksanakan. Hal ini telah tertuang dalam UU No 23/2014 tentang pemerintahan daerah.

“Program perlindungan masyarakat harus terus diberdayakan dan ditingkatkan perannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama didalam menunjang program pemerintah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, penanggulangan bencana serta ikut memelihara ketentraman dan ketertiban umum baik dalam kegiatan sehari-hari, maupun dalam pengamanan pemilihan presiden/wakil presiden, legislatif, maupun gubernur, walikota dan bupati,” katanya.

Khususnya di Kota Baubau yang akan menyelenggarakan Pilwali 2018, As Tamrin meminta kepada satuan Linmas yang akan dibentuk, untuk meningkatkan kesiapsiagaan di daerah. Sehingga tercipta situasi yang kondusif di tengah masyarakat.

As Tamrin juga mengajak kepada satuan Linmas Kota Baubau, agar menerapkan kearifan lokal Buton yaitu PO-5 didalam menjalankan tugasnya. “Harus diterapkan nilai-nilai kehidupan bemasyarakat Poangka-angkataka, Popia-piara, Pomae-maeaka, Pomaa-maasiaka, dan Pobhinci-bhinciki-kuli, demi terwujudnya Kota Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya,” jelasnya.

Sebelum menutup sambutannya, As Tamrin menekankan beberapa hal kepada satuan Linmas. Diantaranya, meningkatkan kapasitas satuan Linmas agar lebih berkualitas dan mempunyai disiplin tinggi melalui pelatihan, menigkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instasi terkait dan lembaga kemasyarakatan lainnya, meningkatkan peran aktif satuan Linmas sebagai pengamanan langsung Pilkada, menjaga citra baik satuan Linmas, dan meningkatkan kinerja dan pengabdian kepada masyarakat dengan ikhlas.

Dalam kegiatan tersebut, turut pula dihadiri oleh beberapa kepala SKPD, Kasat Binmas Polres Baubau, Kasat Sabhara Polres Baubau, dan perwakilan Kodim 1413/Buton. (*)

Pin It on Pinterest