Masalah Genangan Air, Muslimin: Sumur Resapan Harus Ditambah

 

– Khususnya di Perempatan SPBU Haji Ba’a

Peliput: La Ode Adrian

BAUBAU, BP – Genangan air yang kini seolah menjadi wajah Kota Baubau ketika hujan turun, tentu harus mendapat perhatian khusus dari pihak Pemerintah Kota Baubau memalui SKPD terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Kota Baubau.

Kepada Baubau Post, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau LD Muslimin Hibali menyampaikan pandangannya. Dikatakan, dari sekian banyak masukan yang ditujukan kepada pemerintah untuk menanggulangi genangan air yang kerap terjadi, dianggapnya salah satu jalan yang tepat yaitu menambah sumur resapan pada wilayah yang kerap digenangi air khususnya di perempatan SPBU Haji Ba’a Betoambari.

“Itu kewenangan Dinas PU, tapi kalau pandangan saya memang harus ditambah sumur resapan disitu (terkhusus perempatan SPBU Haji Ba’a), karena tidak mungkin genangan air disitu mau dibuang ke laut,” katanya.

Dikatakan, daerah perempatan SPBU Haji Ba’a memang memiliki sumur resapan atau drainase, namun mengingat volume air yyang tergenang pada wilayah tersebut cukup besar, sehingga menyebabkan genangan lambat untuk diresapi oleh drainase.

Sedangkan dikutip dari edisi Baubau Post tertanggal 8 April 2016, Wakil Ketua I DPRD Kota Baubau La Ode Yasin Mazadu, saat dikonfirmasi via telepon seluler Kamis (07/04/2016) mengatakan, drainase atau sumur resapan sebagai salah satu infrastruktur memang harus diutamakan untuk dilakukan perbaikan, dan beberapa titik yang tidak memiliki saluran pembuangan harus dibuatkan sumur resapan secepatnya.

Dikatakan, persoalan yang sudah berlarut-larut tersebut sesegera mungkin akan dicarikan jalan keluarnya, tertuama untuk beberapa titik yang memang rawan terhadap hujan deras yang dapat menyebabkan genangan air yang cukup tinggi.

La Ode Yasin juga mengatakan bahwa genangan tersebut adalah tugas Pemerintah Kota Baubau, yang hari ini perlu menanggapi dengan serius.

Dan dikatakannya, memang ada beberapa wilayah di Kota Baubau yang tidak memiliki sumur resapan. Pihak DPRD Kota Baubau akan merekomendasikan hal tersebut dengan segera kepada Pemerintah Kota Baubau, dan semua pihak yang bertanggung jawab harus sadar dikarenakan hal tersebut selalu terjadi.

“Saya kira itu tugas pemerintah hari ini untuk menuntaskan hal-hal seperti itu. Menurut saya maka seluruh pihak terkait se Kota Baubau itu sudah harus sadar, karena memang ada beberapa wilayah di Kota Baubau ini, topografinya tidak terlalu meresap itu genangan-genangan dan ada beberapa wilayah juga yang tidak memiliki buangan,” ungkapnya Yasin dikutip dari edisi Baubau Post beberapa waktu lalu.

Tambahnya, sumur resapan yang belum bekerja sesuai fungsinya perlu dimaksimalkan dan disarankan agar disiapkan anggaran untuk pemeliharan dari drainase dimaksud, untuk mencegah terjadinya genangan-genangan.

Dan Yasin Mazadu meminta kepada Pemerintah Kota Baubau, untuk tanggap dalam menuntaskan masalah genangan air yang terjadi dibeberapa wilayah tertentu, dan harus mencari tahu letak masalah dari genangan tersebut. Tambahnya lagi, secara formal dirinya akan menindak lanjuti persoalan tersebut.(*)

Pin It on Pinterest