AS Tamrin Tinjau Uji Coba Alat Panen Padi

Peliput: Hengki TA

BAUBAU, BP – Walikota Baubau, Drs H AS Tamrin MH meninjau uji coba alat panen padi di Kelurahan Ngkaring-karing Kecamatan Bungi, Kamis (27/10).

Walikota Baubau, AS Tamrin mengatakan, alat tersebut dapat membantu petani memanen sawahnya. Sehingga tidak membebani dan menguras tenaga dan prosesnya cepat.

“Kita apresiasi dengan adannya alat-alat seperti ini, apabila kita terburu-buru mengejar waktu dan cuaca dengan adannya alat itu bisa lebih praktis pengerjaannya,” jelasnya.

Kota Baubau masih memiliki enam unit alat panen padi, dan hingga saat ini masih akan diseimbangkan dengan luas area yang ada. Selain itu juga masih dibutukan alat pengering padi, agar pemanfaatnnya lebih maksimal. Namun pengadaannya akan dilakukan secara bertahap.

“Memang belum banyak, tentu kedepannya kita tetap akan usahakan. Selain itu juga masih dibutuhkan juga pengeringannya, karena itu juga penting ketika terkendala cuaca,” tuturnnya.

Selain itu, pihaknnya juga akan melakukan pemetaan untuk menentukan luas lahan untuk menyasuaikan kemampuan alat tersebut. “Tapi tidak difokuskan di situ saja, melainkan paralel dengan para petani, karena tenaga mereka juga terbatas, sehingga dibantu dengan alat,” tutupnya.(*)

Pin It on Pinterest