SMAN 2 Baubua Latih Siswanya Berwirausaha

Peliput: Alamsyah Pradipta

BAUBAU, BP – Untuk meningkatkan keterampilan siswanya dalam bidang kewirausahaan SMAN 2 Baubau mengadakan program Ekonomi kreatif agar siswanya belajar mandiri dan mampu mendapatkan penghasilan sendiri lewat kewirausahaan. Kepala SMAN 2 Baubau Muhamad Radi SPd MPd mengatakan, SMAN 2 Baubau memiliki program yang bertujuan agar siswanya memiliki kemampuan dan keterampilan sesudah lulus nanti.

“Sekolah kami memiliki program yang bertujuan mengajarkan siswanya berwirausaha, barang bekas dimanfaatkan agar bernilai jual, dengan melakukan daur ulang seperti daun, gelas bekas dijadikan kerajinan tangan. Kami ingin murid kami punya penghasilan sendiri dengan keterampilannya kalau sudah lulus,” katanya, Rabu (26/10).

Pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan siswanya baik dalam bidang akaemik maupun non akademik. “Kegiatan ini baru sekitar dua bulan kami jalankan, kalau barang hasil kerajinan sudah banyak yang terjual saat pameran, anak-anak langsung yang menjualnya dan hasilnya untuk mereka sendiri. Barang kerajinan yang mereka jual dianataranya, gelang, kalung, dan sebagainya,” ungkapya.

SMAN 2 Baubau telah membentuk beberapa kelompok dan langsung memberikan dana kepada masing-masing kelompok. Pengeolaan diserahkan langsung kepada tiap kelompok dan diawasi oleh pembimbing dan sekolah.

“Kami telah membentuk 45 kelompok dan untuk sementara dananya Rp 60.500.000. Dana ini lansung diberikan kepada siswa untuk dikelola sendiri. Dalam setiap kelompok ada lima orang anak dan diberikan dana sebesar Rp 1.500.000, dan kedepan akan ditingkatkan jumlahnya,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest