Buka FPT, Bupati Wakatobi Ajak Warga Tomia di Luar Daerah

– Bantu Pemerintah Bangun Wakatobi
Peliput: Duriani Editor : Hasrin Ilmi
WAKATOBI, BP – Bupati Wakatobi, H Arhawi Ruda SE, mengajak masyarakat pulau Tomia yang berdomisili diluar daerah untuk bersama-sama masyarakat dan pemerintah kabupaten Wakatobi membangun daerah. Diyakini, banyak masyarakat pulau Tomia telah sukses dinegeri orang.

“Banyak masyarakat Wakatobi khususnya masyarakat pulau Tomia telah sukses dinegeri orang. Kesuksesan itu hendaknya ditularkan di daerah sendiri dengan membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam pembangunan sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Wakatobi,Arhawi Ruda, saat membuka pelaksanaan Festival Pulau Tomia, Kamis (3/11).

Melalui event budaya dan adat istiadat dengan tema Faliako Sofo Ufila (pulang nanti pergi lagi), Arhawi Ruda, berharap kepada masyarakat dan seluruh elemen di pulau Tomia baik yang berdomisili di pulau Tomia dan sekitarnya maupun di perantauan untuk senantiasa melestarikan dan mengembangkan budaya, adat-istiadat pulauTomia.

“Kepada seluruh masyarakat Wakatobi khususnya mamsyarakat pulau Tomia, marilah kita lestarikan dan kembangkan budaya dan adat-istiadat melalui event FPT. Terimakasih kepada masyarakat pulau Tomia dirantau yang sempat menempatkan diri pulang menyaksikan event ini,” ungkapnya.

Kata Arhawi Ruda, pelaksanaan FPT merupakan kilas balik sejarah dan peradaban masa lampau masyarakat pulau Tomia yang tersimpul dalam sebuah harmoni Poasa-Asa Pohamba-Hamba syarat dengan tradisi yang begitu luhur.

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat pulau Tomia atas terselenggaranya event ini. Kita patut bersyukur bahwa rekam jejak tradisi dan peradaban mas lalu telah melahirkan sebuuah pranata social yang harus terlestarikan,” ujar Bupati Wakatobi.

Menurut Arhawi Ruda, semangat poasa-asa pohamba-hamba yang menjadi slogan masyarakat pulau Tomia harus senantiasa dilestarikan. Masyarakat Tomia yang ada diperantauan agar bantulah masyarakat dan pemerintah daerah untuk membangun Wakatobi. Siapa lagi yang akan bangun daerah ini kalau bukan kita sendiri masyarakat tomia dan wakatobi pada umumnya,” pungkas Arhawi Ruda.

Dalam pembukaan FPT, hadir pula Ketua DPRD Wakatobi Muh Ali, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), Hamsinah Bolu, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Perwakilan Bank Dunia, sejumlah pejabat lingkup Pemkab Wakatobi serta ribuan tamu undangan. (**)

Pin It on Pinterest