Ongkos TKBM Pelabuhan Batu Mahal

– Muh Salim: Kapal Yang Berlabuh Berkurang
Peliput: Zaman Adha
BAUBAU, BP – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau, Muh Salim mengakui masih mahalnya ongkos Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang ada di Pelabuhan Batu Kota Baubau. Padahal pelabuhan ini merupakan pelabuhan rakyat yang menyanggah perekonomian Kota Baubau, termasuk daerah disekitarnya.
“Pelabuhan rakyat di Kota Baubau dalam hal ini Pelabuhan Batu, fungsinya untuk masyaarakat Kota Baubau, tapi kenyataan lapangan ongkos TKBM begitu mahal, saya pernah sidak, kami menyampaikan agar disesuaikan dengan kondisi masyarakat,” bebernya.
Sehingga Salim mensinyalir, dengan mahalnya ongkos TKBM, membuat kapal yang berlabuh di Pelabuhan Batu semakin menurun. “Dulu kapal dari daerah di sekitar Kota Baubau banyak yang berlabuh, namun sekarang sudah berkurang, apakah karena sikap dari TKBM atau ada faktor lainnya,” jelasnya.
Sementara itu, untuk menambah kapasitas Pelabuhan Batu, pihaknya berencana akan menambah jumlah dermaga. Sehingga dapat meningkatkan arus barang dan jasa di Kota Baubau dan daerah penyanggah disekitarnya.
“Sekarang yang ada baru dua, maka harus ditambah sehingga banyak kapal yang bisa berlabuh dan ongkosnya lebih murah. Karena kalau di Pelabuhan Murhum ongkosnya mahal. Pelabuhan Batu itu harus dikembangkan agar perekonomian juga lancar,” katanya.
Selain itu, beberapa pelabuhan lain di Kota Baubau yang akan dikembangkan, yaitu Pelabuhan Sulaa dan Pelabuhan Lakologou yang anggarannya sedang diusulkan. (*)

Pin It on Pinterest