Pihak Terkait Hadirkan Sekjen PKPI Jadi Saksi

-Sengketa Pemilihan Bupati-Wabup Buton

Peliput:Alyakin Editor : Hasrin Ilmi
PASARWAJO, BP – Sekertaris Jendral (Sekjen) Partai PKPI, Semuel Samson, hadir dalam musyawarah sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buton 2017 yang diselenggarakan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Buton di Sekertariat Panwascam Kecamatan Pasarwajo kamis (03/11).

Musyawarah sengketa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017, memasuki hari ke lima, Pihak Terkait dalam hal ini pasangan Samsu Umar Abdul Samiun SH dan Drs La Bakri MSi menghadirkan Sekjen PKPI, Samuel Samson, untuk menjadi saksi yang didengarkan lansung oleh pimpinan Muswarah.

Pantaun Baubau Post, Sebelum Sekjen PKPI, Samuel Samson meberikan keterangan didalam ruangan musyawarah namun terjadi perdebatan antara pengacara Pemohon,Termohon dan Pihak terkait. Sehingga Pimpinan Musyawarah, La Saluru menskorsing Musyawarah 10 Menit.

Menurut, Kuasa Hukum H Hamin-Farit Bachmid, Angga merasa dirugikan karena Samuel Samson datang tidak mempunyai surat tugas. “Tupoksinya sebagai apa” kata Angga.

Namun kemudian, Pengacara pihak terkait meminta terhadap Pimpinan Musyawarah dalam menghadirkan saksi diberlakukan hal yang sama dengan yang lain. Begitu juga Pengacara Termohon menginginkan Samuel Samson untuk memberikan keterangan sehingga Pimpinan Musyawarah mengizinkannya.

Setelah Sekjen PKPI, Samuel Samson memberikan keterangan dan bukti sesuai pertanyaan para pengacara dari Pihak Pemohon, Pihak Termohon dan Pihak Terkait.

Salah satu pengcara pihak terkait, Muh Taufan Achmad, SH pada kesempatan tersebut sempat melontakan pernyataan kepada saksi Semuel Samson. Dalam pernyaannya pihak termohon saksi Semuel Samson terkait posisi sebagai sekjen di di DPN PKPI. Apakah suadara saksi pernah di berhentikan dari Sekertaris Jendral DPN PKPI.

“Saya hanya mendengar Rumor tapi tidak pernah menerima materinya atau sk pemecatan secara langsung dari partai. Karena mekanisme partai harus disesuaikan dengan adanya berita acara rapat kongres lengkap dengan daftar hadirnya. termasuk alasan kenapa diberhentikan atau mengundurkan diri dari partai. Ini sesuai dengan AD/ART partai ,” kata Samuel Samson

Sekjen PKPI, Samuel Samson menanggapi hasil Musyawarah Sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buton 2017 yang di selenggarakan oleh panwaslu Kabupaten Buton semoga berjalan dengan Baik.

“Diharapkan semoga Melaju dengan Baik sesuai mekanisme yang ada,” kata Samuel Samson ketika dikonfirmasi Baubau Post usai kegiatan.

Pantaun Baubau Post, Sekjen PKPI, Samuel Samson dalam mengikuti musyawarah Sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buton 2017, Aparat kepolisian mengawal dan menjaga kemanan dengan baik sehingga kegitan tersebut aman dan kondusif.(*)

Pin It on Pinterest