Pleno Terbuka KPU Buteng Dihadiri LO dan Panwas

Peliput: Anton

LABUNGKARI, BP – Rapat pleno terbuka yang diadakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) berjalan dengan lancar. Rapat tersebut diadakan dipelataran kantor KPUD Buteng pada Rabu (02/10).

Dalam rapat pleno, hadir para LO dari masing-masing Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buteng, pihak Panwaslu, para anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta para Komisioner KPUD Buteng.

Ketua KPUD Buteng Aminuddin dalam penjelasannya mengatakan bahwa KPU tidak mengurus status kewarganegaraan seseorang, tetapi KPU hanya mengurus status seseorang apakah dia terdaftar sebagai pemilih atau tidak.

“Pada dasarnya ini harus dipahami, bisa disampaikan juga kemasyarakat, sesungguhnya KPU itu tidak mengurus status kewargaan seseorang, dalam artian bahwa dia terdaftar sebagai warga atau tidak, dalam konteks ada diskusi atau perdebatan di desa, misalnya ah ini sudah pindah ini belum, kita hanya mendata saja, karena kita hanya urus status seseorang apakah dia terdaftar sebagai pemilih atau tidak,” ungkapnya.

Ia juga memaparkan bahwa kepentingan pendataan warga yang dilakukan hanya sekedar merekomendasikan kepada pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buteng tentang berapa warga yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), dikarenakan hal tersebut menyangkut legalitas formil warga.

“Kepentingan pendataan kita ini, hanya rekomendasi kepada pihak Capil, berapa warga yang belum punya e-KTP, karena ini menyangkut legalitas formilnya warga, dan insyaallah tidak akan ada yang tidak memilih, sepanjang dia warga, karena kalaupun pada akhirnya dia tidak terdaftar di dalam DPT tapi sepanjang dia punya e-KTP atau surat keterangan dari Capil, maka dia bisa memilih, jadi itu yang harus dipahamkan,” tandasnya.(#)

Pin It on Pinterest