Unidayan Pancing Minat Mahasiswa Dibidang Olahraga

– Dukung Program Mendikbud

Peliput: La Ode Adrian

BAUBAU, BP – Dalam mendukung program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau adakan program ekstrakulikuler bidang olahraga yang dilaksanakan tiap Sabtu, dimana mata kuliah para mahasiswa bersifat institusi.

“Mata kuliah yang hari Sabtu itu adalah mata kuliah institusi, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan olahraga termasuk seni, dan untuk semester 1 yang masuk itu dia wajib untuk mengikuti olahraga senam hari Sabtu yang dilasanakan di Istana Ilmiah dari jam 06.00 sampai jam 07.00 Wita pagi, kemudian dilanjutkan dengan ekstrakulikuler olahraga, misalnya dia ambil olahraga sepak bola, jadi ada masing-masing bidangnya. Dan itu memang sejalan dengan program Mendikbud untuk menciptakan atelt-atlet daerah, karena usia prestasi seseorang itu adalah usia mahasiswa, jika dia masih di SLTP dan SLTA itu dia baru merangkak untuk memperlihatkan bakatnya,” jelas Rektor Unidayan Ir H LM Sjamsul Qamar MT saat ditemui diruangannya, Selasa (01/11).

Dijelaskan, program tersebut juga bertujuan untuk memancing minat mahasiswa dalam bidang olahraga, guna menggali potensi dan bakat mahasiswa, yang diaharapkan dapat menciptakan prestasi baik untuk daerah maupun untuk negara kedepannya.

Tambahnya, bidang ekstrakulikuler tersebut dikhususkan untuk mahasiswa yang baru Semester I, dimana usai program olahraga dilakukan langsung dilanjutkan ke mata kuliah selanjutnya yang harus diikuti para mahasiswa.

“Dan olahraga itu tidak ada SKS (Satuan Kredit Semster)-nya tapi wajib, supaya merangsang mereka dibidang olahraga. Jadi kalau mereka punya bakat, harus dikembangkan terus,” tandasnya.(*)

Pin It on Pinterest