Gelar Rapat P3MD, Pemdes di Mubar Diminta Transparan Kelola Anggaran

Peliput: Sacril

MUBAR, BP – Pemda Muna Barat (Mubar) mengelar Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Aula Kantor Bupati Mubar, Jumat (4/11). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kepala BPMD Provinsi Sultra Drs H Muhamad Arfa MAp, dan Kepla Satker PM3MD Jaya Bhakti SE MM, serta Seluruh Kepala Desa Se Mubar.
Kepala BPMD Provinsi Sultra, Muhamad Arfa dalam sambutannya mengatakan, rapat koordinasi perlu dilakukan di seluruh Kabupaten se Sulawesi Tenggara, karena masih banyak penyaluran anngaran desa belum disalurkan, seperti di Kabupaten Mubar. Hal ini akan menjadi diskusi masalah dan perlu ditinjau kembali.
“Pada tahun 2015 anggaran desa itu di lakukan tiga tahap pencairan. Pada tahun 2016 ini, dilakukan dua kali pencairan anggaran desa, namun di Kabupaten Mubar, masih ada desa yang belum dicairkan anggarannnya pada tahap dua di tahun 2016,” katanya.
Sehingga Arfa berharap, penyelenggaraan pembangunan disetiap desa harus sesuai dengan petunjuk teknis dan mekanisme yang ditetapkan UU.
Selain itu, Kepala Satker PM3MD, Jaya Bhakti mengatakan, masih kurangnya tenaga pendamping lokal desa di Mubar, untuk membantu pemerintah desa (Pemdes) setempat. Sementara itu, setiap kecamatan di Mubar, hanya memiliki satu orang pendamping kecamatan.
“Mubar memiliki 11 kecamatan, suatu kerja besar bagi para pendamping, maka dari itu dibutuhkan kerja sama antara pendamping dan Pemdes guna membangun dan memajukan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.
Lanjut Jaya, pembangunan sarana dan prasarana di desa merupakan prioritas dalam program pembangunan desa. Dalam hal ini, pemerintah desa dituntut harus lebih transparan dalam pengelolaan ADD dan DD. (#)

Pin It on Pinterest