Pesona Padang Rumput Padabalano Tempat Berkemah di Buteng

Peliput: Alamsyah Pradipta

LABUNGKARI, BP – Ternyata di Kabupaten Buton Tengah terdapat padang rumput yang menjadi spot berkemah masyarakat yang dinamakan Padang Rumput Padabalano, yang terletak di Mawasangka Induk.

Untuk menuju ke padang ini wisatawan bisa melewati jalan pintas, karena jalan ini langsung menuju Desa Wasilomata dekat Baruga, dimana sepanjang jalan para wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang cukup indah.

Salah satu wisatawan yang pernah berkemah disana, Fandi mengatakan tempat tersebut sangat dingin pada malam hari, dan pagi harinya akan ada embun yang akan menutupi areal padang ini.

“Kalau berkemah disini sangat bagus karena dari kontur tanahnya yang diperuntukan untuk berkemah, jadi kalau malam itu sangat dingin sekali makanya harus memakai baju yang tebal semua, apa lagi kalau pagi itu ada embun seperti di Korea, kalau kita bicara keluar juga hawa dari mulut,” ungkapnya, Kamis (03/10).

Eka, salah satu pengunjung padang rumput yang merupakan warga Mawasangka mengatakan, padang ini menjadi tempat yang sering didatangi masyarakat luas terutama para pemuda pemudi untuk mengabadikan momen tertentu.

“Kalau sore itu banyak yang datang foto-foto dari desa sebelah, juga yang datang berkemah itu banyak sekali bahkan dari Baubau juga ada karena memang indah padang ini,” ungkapnya.

Eka mengharapkan kepada seluruh wisatawan yang akan berkunjung untuk tidak membuang sampah disembarang tempat, dikarenakan dapat menganggu lingkungan sekitar dan keindahan padang.

“Yang datang nanti kalau bisa jangan buang sembarang tempat kalau mau berkemah sampahnya itu bisa langsung dibakar saja, supayah tidak tercemar disitu sampahnya, kan jelek jadinya kalau penuh sampah nanti di daerah padang ini,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest