Dandim dan Polres Buton Minta Sukseskan Pilkada 2017

Peliput: Alyakin

PASARWAJO, BP – Dalam menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 di Kabupaten Buton, Kodim 1413/Buton siap mengamankan jalannya momen lima tahun sekali ini. Sehingga dalam pelaksanaannya, tidak ada konflik maupun hal-hal yang tidak diinginkan.
Dandim Buton 1413/Buton, Letkol Arh Rudi Ragil SP meminta kepada masyarakat Kabupaten Buton untuk menjaga situasi yang kondusif selama Pilkada. Sehingga Pilkada 2017 dapat terselenggara dengan baik tanpa ada cacat, maupun hal lainnya.
“Mari kita laksanakan deklarasi kampanye damai dalam keadaan sehat walafiat, sebab acara ini adalah acara awal yang baik janganlah dijadikan sebagai formalitas saja atau seremonial,” katanya.
Pihaknya juga mengajak semua elemen baik itu elit politik maupun masyararakat untuk dapat mengendalikan diri, selama pelaksanaan Pilkada. Termasuk pula Panwaslu dan KPUD Buton, harus menunjukkan professionalitasnya dalam menjalakan perpolitikan di Kabupaten Buton.
“Apabila salah satu peran tidak dilaksanakan maka pasti ada cedera dalam pelaksanaan Pilkada. Kita berikan kepercayaan kepada KPUD selaku penyelenggara Pilkada ini termasuk Panwas Buton, saya harapan mari kita sukseskan kegiatan pilkada di Kabupaten Buton ini dengan professional,” tuturnya.
Rudi berharap kepada KPUD Buton dan Panwaslu Kabupaten Buton, agar menyelenggarakan Pilkada sesuai degan peraturan yang perundang-undangan yang berlaku. “Pelaksanaan pilkada ini sesuai dengan aturan karena menyangkut harkat dan martabat masyarakat Buton, apabila ada coreng atau hal-hal yang tidak kita inginkan, Pusat akan melihat bahwa masyarakat Kabupaten Buton tidak mampu melaksanakan kegiatan pilkada,” katanya.
Bersama Polres Buton, pihaknya berkomitmen untuk mengamankan jalannya Pilkada di Kabupaten Buton, mulai dari tahap awal, hingga tahap penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih nantinya.
Hal senada diungkapkan Kapolres Buton Andi Herman SIK, pihaknya menjamin Pilkada yang aman dan lancar. Bersama TNI, pihaknya berkomitmen untuk mensukseskan Pilkada Buton, sehingga tidak menjadi bagian pelaksanaan Pilkada yan suram.
“Tentu kita tidak ingin itu terjadi, kita sama-sama menginginkan Pilkada Buton yang jujur dan adil dengan bercermin pada Pilkada yang sukses,” ucapnya.
Pangkat dua melati dipundak ini mengajak seluruh masyarakat untuk selalu bersama-sama menjaga suasana kamtibmas. Dia juga berharap, seluruh stakeholder dapat memberi pelajaran dan edukasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan demokrasi yang baik.
Setiap permasalahan ada jalurnya penyelesaiannya, meski hanya satu pasangan calon melawan kotak kosong, bukan berarti paslon yang akan maju dipastikan terpilih karena ada syarat yang harus dipenuhi. “Marilah kita sama-sama memberi pelajaran kepada masyarakat dengan ditandai mulainya kampanye pada hari ini sampai seratus hari ke depan,” akunya.
Pihaknya berharap, tidak ada euforia berlebihan dalam berkampanye maupun ketika Bupati dan Wakil Bupati Buton telah terpilih. Namun yang ditekankan, edukasi dalam berkampanye, dengan menyampaikan visi misi yang dapat mencerdaskan masyarakat. Karena jabatan merupakan tanggung jawab besar yang harus dipikul untuk dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, bangsa dan negara, maupun kepada Tuhan Yang Maha Esa.(#)

Pin It on Pinterest