Tina Nur Alam Lantik 42 Pengurus Dekranasda Butur

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Tina Nur Alam, melantik 42 pengurus Dekranasda Kabupaten Buton Utara (Butur) masa bakti 2016-2021 di rumah jabatan bupati Butur, Sabtu (5/11).
Pengurus Dekranasda yang dilantik tersebut diketuai Sitti Rabiah Abu Hasan. Dalam pelantikan tersebut, diikuti juga Bupati Butur Abu Hasan bersama jajarannya, juga turut hadir anggota legislatif Muliadin Salenda dan Alias Dadi Agusman.
Dalam sambutannya, Tina meminta pengurus Dekranasda yang terbentuk agar segera membuat program strategis dalam mendorong perkembangan usaha mikro kecil menegah (UMKM) dan para perajin lokal di Butur. Program yang dimaksud tersebut tentunya selalu memperhatikan potensi dan kondisi daerah, serta dapat bersinergi dengan program dan kegiatan dekranasda provinsi.
“Ini langkah awal yang harus diwujudkan dalam bentuk karya nyata. Meskipun itu sangat berat diwujudkan oleh pengurus, karena adanya tantangan besar terkait sumber daya manusia pengrajin masih sangat terbatas, bahan baku yang semakin mahal, pemasaran sulit dijangkau. Tapi saya yakin itu bisa dilalui malalui kerjasama semua pemangku kepentingan,” terang politisi PAN ini.
Dikesempatan itu pula, anggota Komisi IX DPR RI ini mengharapkan juga kepada pengurus yang baru saja dilantik untuk senantiasa memberikan pembinaan kepada sentral-sentral pengrajin di setiap kecamatan yang ada di Butur
Menurut dia, ada beberapa kerajinan yang perlu perhatian serius. Misalnya saja, tenunan, anyaman baik itu anyaman tikar, anyaman dari lidi. Produk-produk itu, tentunya dapat bersaing di pasar. Hal itu, bisa dicapai jikalau kualitas terus ditingkatkan.
Selain itu, adanya kerja sama Dekranasda Sultra dengan Cita Tenun Indonesia (CTI), diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh Butur dalam memaksimalkan kualitas perajin.
Diwaktu yang sama, Sitti Rabiah mengaku siap mengemban amanah diberikan itu. Istri dari Bupati Butur Abu Hasan ini berjanji berbagai program akan direalisasikan agar Butur bisa dikenal lebih luas melalui kerajinan serta hasil-hasil karya melalui kerajinan dapat bersaing dipasaran.
Sementara itu, Bupati Butur Abu Hasan yang mengungkapkan memberikan dukungan penuh terhadap program-program dari Dekranasda. Dukungan tersebut akan diwujudkan melalui bantuan baik moril maupun berupa anggaran.(*)

Pin It on Pinterest