Objek Wisata Topa, Telaga Pelepas Lelah Wisatawan

OBJEK wisata yang ada di Desa Labone, Kacamata Lasalepa yang disebut oleh masyarakat setempat dengan nama permandian Topa menyimpan keindahan memikau pandang mata. Bahkan, dijadikan sebagai pelepas penat dan lelah bagi pengunjung yang datang

Iman Supa, Raha

Lokasi yang berjarak 20 km dari Kota Raha menjadikan tempat ini tak kesepian pengunjung setiap minggunya tak terkecuali warga setempat tak mengenal waktu untuk menikmati indahnya pemandangan Topa yang dikelilingi beberapa pohon beringin yang berusia tua yang menambah hiasan wajah topa.

Keindahan permadian topa ini juga dirasakan sejumlah kru Baubau Post saat berkunjung di Kabupaten Muna beberapa waktu lalu. Rombongan yang terdiri dari Komisaris Baubau Post, Ardi, Dirut Yuhandri Hardiman serta beberapa crew sangat menikmati keindahan Permandian Topa.

Lokasinya yang dikelilingi batu kapur dan pohon bakau dan ditambah dengan kejernihan air yang putih kebiruan. Air yang mengalir dari dalam akar dikelilingi batu kapur membuat warga tak ragu dalam mengkonsumsi sehingga warga menggunakan daya mesin untuk menarik air yang disalurkan melalui pipa yang masuk dalam mata air menambah suasana lebih alami.

Pemerintah setempat yang memoles permandian Topa dengan membangun susunan batu, pasir dan semen sebagai penyatu beberapa batu yang disusun dengan panjang kurang lebih 50 meter, lebar 25 meter sementara ketebalannya sekitar 50 cm membuat objek ini bagai berenang dalam kolam.

Kelebihan mata air Topa bukan pada pemandangannya. Tetapi soal rasa, dan suasana dibungkus habitat bakau dan yang istimewa adalah begitu banyak debit air memancar dari celah batu. Seperti terbebas dan merdeka manakala mulai berendam di telaga yang dinaingo tiga pohon beringin.

“Haruskah kita mengulanginya lagi biar bermesraan lebih lama di tengah pusaran airnya. Aku tertarik dengan airnya yang dua rasa. Di permukaan dingin sedangkan di dasarnya hangat. Berkali-kali aku harus menahan nafas dan menenggelamkan badanku dengan berpegang pada seceruk batu karang di dasar permandian Topa yg terus memancarkan airnya. Pengalaman terindah,”kenangnya.(***)

Pin It on Pinterest