Pemkab Mubar Akan Buka Kembali Bandara Sugi Manuru

– Maskapai Garuda dan Lion Air Akan Didatangkan

Peliput:Iman Supa

RAHA, BP – Pj. Bupati Muna Barat (Mubar), Rony Laute akan mengaktifkan kembali Bandara Sugi Manuru dengan mendatangkan dua maskapai ternama, diantaranya Garuda dan Lion Air. Rencananya, dua maskapai ini mulai beroperasi pada bulan Januari 2017.
Menurut Rony, tuntutan ekonomi saat ini menutut harus menggunakan pesawat ketimbang kapal laut untuk mengirim hasil potensi daerah. Dalam mendatangkan dua maskapai, pihaknya sepakat dengan Pemda Muna terkait subsidinya.
“Silaturahim di Muna menemui Bupati LM Rusman Emba, kami menyatukan pemikiran dan strategi kedepan, Alhamdulilah disambut baik untuk melakukan subsidi terhadap dua maskapai Garuda dan Lion Air,” ungkapnya saat di temui di Galampano. Selasa (8/11).
Lebih lanjut ia menjelaskan, kemungkinan pembagian subsidi maskapai Garuda akan disubsidi oleh Pemerintah Kabupaten (pemkab) Muna, sementara Maskapai Lion Air akan disubsidi oleh Pemkab Mubar. “Eksennya akan mulai januari 2017 dengan rute langsung ke Makassar, dalam satu minggu akan ada lima kali penerbangan. Sementara tiketnya akan dibagi tiga opsi apakah berdasarkan kelas, sewa 100 persen ataupun dilihat sesuai aturan teknis pendapat pemerintah pusat,” lanjutnya.
Potensi komoditas Lobster yang tidak terkomntaminasi dengan pencemaran limbah di Kabupaten Muna dan Mubar, akan memberikan keyakinan kepada Pemerintah Pusat hasilnya penting dalam pengadaan kedua maskapai. Sementara, jumlah penumpang dari Muna dan Mubar tidak bisa mengisi seluruh kursi penumpang pesawat.
“Muatan penumpang berjumlah 70 orang pada jenis pesawat ATR. Selain itu, mencari perusahaan yang direkomendasikan oleh kementerian perhubungan. Mengenai Fasilitas ruang tunggu sudah siap, landasan sudah memenuhi standar sebab telah ditambah ketebalan landasan pacu, “tutup Rony.(*)

Pin It on Pinterest