Kejari Wakatobi Terima Pelimpahan Dua Berkas Perkara Dari Polres Wakatobi

Pelipuit: Duriani

WAKATOBI, BP – Kejaksaan Negeri (Kejari) Wakatobi telah menerima pelimpahan berkas perkara dua kasus dugaan korupsi dari Polres Wakatobi. Dua berkas perkara itu yakni penyalahgunaan dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan penyelewengan dana Block Grant.
Kepala Seksi (kasi) Intel Kejari Wakatobi, Dwinanto Agung Wibowo, ditemui sejumlah awak media mengatakan dua berkas perkara yang dilimpahkan Polres Wakatobi itu akan segera ditindak lanjuti. Saat ini sedang ditangani bagian penuntut umum sebelum naik di persidangan.
“Dua berkas perkara yang dilimpahkan Polres Wakatobi ini yakni dugaan penyalahgunaan dana BSM di SMPN 3 Kaledupa Tahun 2014 dan dugaan penyelewengan dana Block Grant Tahun 2014 dilakukan Kades Ambeua Raya Kaledupa. Berkas perkaranya dilimpahkan Polres Wakatobi sejak 1 November 2016 lalu,” ungkap Kasi Intel Kejari Wakatobi, Selasa (8/11).
Kata Dwinanti Agung Wibowo, kedua tersangka dalam kasus itu sudah ditahan sejak beberapa waktu lalu di rumah tahanan Negara di Kendari. Penahanan itu atas persetujuan Kejaksaan Tinggi Provinsi Sulawesi Tenggara. “Penahanan dilakukan setelah pelimpahan berkas dari penyidik Polres Wakatobi,” kata Kasi Intel kejari wakatobi.
Tujuan penahanan itu guna memudahkan proses peradilan di Pengadilan Tipikor Kendari. “Masa tahanan kedua tersangka selama 20 hari. Jadi sebelum masa tahanan habis pengadilan meminta agar satu minggu sebelumnya, dakwaan tuntutan sudah harus di masukan ke pengadilan,” jelasnya.
Ditambahkan, tersangka akan didakwa sesuai dengan sangkaan penyidik yakni pasal 2 ayat 1 dan pasal 3. Selain itu, ditambah pasal 18 dakwaan tuntutan membayar uang pengganti jika tersangka di vonis bersalah. “Untuk menghadapi persidangan usai pelimpahan berkas dakwaan, kami sudah siap,” tutupnya. (***)

Pin It on Pinterest