Ranting Pohon Masyarakat di Kaledupa Ganggu Kabel PLN

Peliput: Didik saputra Editor: Zaman Adha

WAKATOBI, BP – Padamnya aliran listrik yang bterjadi di Kecamatan Kaledupa, disebabkan adanya ranting-ranting pohon yang menganggu kabel listrik. Sehingga PLN Rayon Wakatobi Ranting Kaledupa melakukan pemadaman bergilir.
Hal itu diungkapkan Koordinator PLN ranting kaledupa, Prasele saat dihubungi melalui selulernya. Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk menebang ranting pohon yang berdekatan, atau bahkan telah mengenai kabel listrik, karena berpotensi akan mengganggu suplay listrik di rumah masyarakat.
“Maka dari itu perlu ada kesadaran masyarakat untuk menebang pohon yang berdekatan dengan kabel listrik, pasalnya ranting dan pohon berpotensi mengganggu aliran listrik,” katanya.
Prasele menyebutkan, jarak ranting pohon dari kabel listrik minimal 1 hingga 2 meter. Pihaknya terkendala sulitnya membangun kesadaran masyarakat untuk memotong ranting pohonnya yang telah mengenai kabel listrik, bahkan tidak jarang ada masyarakat yang marah.
“Begitu dedaunan dan ranting yang terkena kabel kami potong, warga yang memiliki pohon tersebut marah,
padahal bila ranting dan pohon tersentuh kabel dapat meyebabkan korsleting. Padahal kami sudah sosialisasi pada masyarakat bahwa tanaman yang mengenai kabel milik PLN agar dipotong, tapi masyarakat
tak menghiraukan, dalam waktu dekat ini kami akan bersosialisasi lagi bersama sama Muspika disetiap desa dan menjelaskan, bila ranting dan pohon tersentuh kabel milik PLN, akan terjadi kendala yang sangat
besar,” tuturnya. (#)

Pin It on Pinterest