Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Babinsa Harap Masyarakat Hargai Jasa Pahlawan

Peliput: David Wiridin

BURANGA, BP – Babinsa Desa Jampaka melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada masyarakat setempat, agar dapat menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuagkan kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 1 Jampaka, Rabu (09/11).
Dalam sambutannya Babinsa Desa Jampaka, Sertu Muh Hasan mengatakan, kegiatan ini merupakan perintah Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Disampaikan bahwa, setiap prajurit di waliyah NKRI harus melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan, utamanya bagi setiap babinsa di desa-desa karena merupakan ujung tombak TNI.
“Sosialisasi ini adalah salah satu upaya TNI bersama komponen bangsa lainnya untuk dapat memberikan pemahaman kepada anak didik mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi agar dapat memahami nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang telah memerdekakan bangsa ini dari penjajahan. Sehingga generasi muda kedepan menjadi generasi yang menghargai jasa para pahlawan bangsanya,” ungkap sertu Hasan Babinsa Desa jampaka yang juga Anggota Koramil 1416-04 Kulisusu.
Dengan adanya kegiatan ini, generasi muda Indonesia diharapkan dapat menerapkan semangat kegotong royongan, berkiwa patriot, nasionalisme, serta rela berkorban demi keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Sementara, itu Kepala SD 1 Jampaka Darsono SPd mengatakan, sosialisasi wawasan kebangsaan sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama anak didik sebagai generasi bangsa. Sehingga tertanam nilai rasa cinta tanah air dan rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, serta menghargai jasa para pahlawan.
“Saya mengapresiasi dan sangat menghargai kepada pihak TNI yang telah melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan ini,” katanya.
Acara sosialisasi wawasan kebangsaan tersebut pematerinya di sampaikan langsung oleh Babinsa 1416-04 Kulisusu, Sertu Muh Hasan Wiridin. Selain diikuti Kepala sekolah SDN 1 Jampaka, Darsono SPd serta para dewan guru yang berjumlah tujuh orang, dan peserta anak didik sebanyak 75 orang. (#)

Pin It on Pinterest