Suasana Pilkada, Kamtibmas di Talaga Raya Dipastikan Terkendali

Peliput: Anton

LABUNGKARI, BP – Sejak 25 April 2015 hingga saat ini, Iptu Ruslin yang bertugas sebagai Kapolsek Talaga mengatakan bahwa keamanan dan keteriban masyarakat (kamtibmas) selalu aman dan terkendali, serta jauh dari gesekan-gesekan yang terjadi di tengah masyarakat.

Kepada Baubau Post, Iptu Ruslin juga menuturkan,meskipun ketertiiban masyarakat kerap dijaga, namun tak bisa dipugkiri bahwa pernah terjadi hal-hal yang agak menonjol dikalangan masyarakat berupa kenakalan remaja.

“Saya bertugas disini sebagai Kapolsek Talaga Raya sejak tanggal 25 April 2015, alhamdulillah selama saya bertugas disini, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat disini kami bisa kendalikan dengan baik, namun demikian pernah juga ada hal-hal cukup menonjol menyangkut kenakalan remaja, tapi tidak pernah menjurus kepada orang dewasa. Dalam mengatasi hal ini kami menerapkan sistem pembinaan dan pencegahan agar tidak sampai merembet keranah yang lebih besar lagi, yang kami tetapkan bila ada oknum remaja dibawah umur yang bermasalah maka kami panggil kekantor kemudian kami jalankan fungsi pengayoman dan pembinaan sehingga semua bisa teratasi dengan baik,” ungkapnya.

Dilanjutkan kata Iptu Ruslin, sejak awal tahapan pilkada hingga kampanye yang sering dilakukan para Paslon Bupati dan Wakil Bupati Buton Tengah saat ini, antara massa pendukung paslon nomor urut 1 dan pendukung nomor urut 2 tidak pernah terjadi gesekan-gesekan yang menimbulkan konflik.

“Kemudian selama masa-masa menjelang pilkada ini, situasi kamtibmas disini aman dan kondusif, antara masa pendukung paslon nomor 1 paslon nomor 2 pun tidak pernah ada gesekan-gesekan, sehingga tidak ada titik-tirik rawan, semua masih berjalan aman, damai, dan tertib,” tuturnya.

Dan untuk mempertahankan keamanan dan ketertiban masyarakat Talaga, Iptu Ruslin juga kerap berkoordinasi dengan pihak TNI yang bertugas di Talaga serta tokoh-tokoh yang ada di Talaga, baik itu tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, maupun pihak pemerintah kecamatan.

“Saya selalu berkoordinasi dengan tokoh-tokoh yang ada disini, termasuk dengan rekan-rekan dari TNI kami selalu kerjasama untuk menyamakan presepsi, marilah kita jaga suasana keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polsek Talaga khususnya diwilayah Pemerintahan Kecamatan Talaga Raya,” jelasnya.

Tambahnya, masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal berupa kekacauan atau kerusuhan yang dapat terjadi selama masa pilkada yang saat ini tengah berlangsung, mengingat kamtibmas di Kecamatan Talaga Raya selalu kondusif, aman dan terkendali.

“Sejak awal tahapan pilkada sampai pada masa kampanye hari ini, belum ada hal-hal yang meragukan buat saya, dan saya selalu bekerjasama dengan para anggota saya dan teman-teman yang ada disini, sehingga untuk situasi kegiatan apa saja, baik itu kampanye maupun apa saja, keamanan dan ketertiban masyarakat disini harus selalu aman dan terkendali,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest