Ilah Ladamay Harap Nilai Luhur Pahlawan Perlu Diterapkan

– Peringati Hari Pahlawan

Peliput: Amirul

BATAUGA, BP – Peringatan 10 November 2016 sebagai Hari Pahlawan tidak luput untuk mengingatkan kita akan semangat juang pantang menyerah para pahlawan kemerdekaan untuk merebut Indonesia dari tangan penjajah. Dalam kekinian memaknai hari itu Pj Bupati Buton Selatan Dr Ir H OMN Ilah Ladamay mengatakan, sebuah tantangan bagaimana menerapkan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dikatakannya, menyimak isi dari sambutan Kementrian Sosial secara nasional salah satu tantangan saat ini adalah mengembangkan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Hari pahlawan ini bagaimana kita bisa mengembangkan nilai-nilai luhur yang terkandung didalam nilai kepahlawan. Nilai luhur yang diwariskan itu, pantang menyerah, jujur dan adil percaya kepada kemampuan diri sendiri serta kerja keras untuk membangun negara bangsa dan daerah ini sesuai cita-cita kita semua,” harap Ilah Ladamay saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (10/11).

Memaknai nilai tersebut sebagai PJ Bupati Buton Selatan, Ilah Ladamay mengatakan saat ini Ia melakukan perbaikan di pemerintahan, menuju peningkatan karakter bangsa yang bersifat juang.

“Dalam hal ini semua harus betul-betul bekerja keras untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja, Sebagai daerah yang baru kita harus bekerja lebih keras. Harus bekerja taktis dan sistematis sehingga dapat menciptkan sumber daya manusia yang baik, bagaimana mengatur sumber daya alam sehingga bermanfaat, apalagi didukung dengan finansial, tentu pemerintahan dapat membangun infrastruktur sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat dari segi pelayanan,” tuturnya.

Selain itu, ia berharap seluruh komponen masyarakat berlomba berkarya mengisi pembangunan dengan karya yang terbaik terhadap pembangunan daerah.

“Kedepan ini mesti kita harus lakukan. Oleh karena itu masalah-masalah kebersamaan itu juga menjadi nilai penting untuk kita sadari sekarang ini disamping kita juga perlu melihat kebelakang untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada veteran, seperti yang tadi kita laksanakan sehingga spirit itu tidak hanya bagaimana kita membangun kedepan lebih pada yang sifatnya materealistik tapi juga rasa hormat, rasa apresiasi untuk para pendahulu kita juga harus dilakukan,” katanya.

Menurutnya, arti pahlawan adalah sudah pasti orang-orang yang sudah memberikan sumbangsinya kepada bangsa dan negara. Tidak perlu mencari seorang pahlawan dari suatu karya yang besar. Tapi mungkin ada pahlawan lahir dari orang-orang yang karya tidak kelihatan secara langsung tapi memiliki dampaknya yang cukup besar kepada masyarakat.

Ditambahkan, nilai-nilai kearifan lokal yang sudah ditanamkan oleh orang tua tentang kejujuran, hidup sederhana. Hal seperti ini kebanyakan orang menganggap sebuah hal yang biasa saja. Tapi jika hal itu diresapi dan disimak secara mendalam diimpelmentasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam bernegara dan berbangsa khususnya dalam penyelenggaran pemerintahan ini dampaknya sangat besar.

“Nah kita ini sudah bisa mengelolah sumberdaya, sudah bisa mengelolah dana yang lebih besar, kalau tidak diikuti dengan nilai-nilai kesederhanaan, keprihatinan tidak memanfaatkan uang rakyat dengan semena-mena, sudah pasti ini akan berdampak terhadap pembangunan karena tiap merencanakan pembangunan dengan uang negera itu sudah bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan memperhitungkan sebaik-baiknya,” pungkasnya.(*)

Pin It on Pinterest