Jumlah DPS Mubar 53.214 Orang

Peliput: Sacril Editor: Zaman Adha

MUBAR, BP – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muna Barat (Mubar) merangkumkan laporan daftar pemilih sementara (DPS) di Pilkada Mubar sebanyak 53.214 orang. KPUD Mubar selalu melakukan koordinasi pada dua Paslon agar melaporkan titik kampanye yang telah ditentukan oleh KPUD, Hal ini diungkapkan Komisioner KPUD Mubar Muh Tofan, Kamis (10/11).
Pada tanggal 26 Oktober, KPUD telah melakukan rapat dengan menghadirkan dua Paslon, Panwaslu dan Kepolisian dalam menentukan titik kampanye. Hasil pertemuannya, KPUD membagi titik kampanye ditiap kecamatan untuk dua Paslon. KPUD menempatkan titik kampanye dengan kecamatan yang berbeda untuk setiap paslon untuk menghindari benturan massa pendukung.
“Pada 9 Januari 2017 tidak ada aktifitas kampanye di kecamatan, karena KPUD telah menetapkan waktu dan tempat untuk dua Paslon mengelar Kampanye Akbar yang bertempat di lapangan sepak bola Desa Guali. Paslon Rajiun-Achmad Lamani akan mengelar kampanye akbarnya pada tanggal 10 Januari, sedangkan paslon Ishan-Lanika pada tanggal 11 Jaunuari, penentuan waktu kampanye akbar ditentukan berdasarkan dengan nomor urut,” katanya.
Waktu kampanye yang diberikan KPUD selama 107 hari masa kampanye, namun dikurangi sembilan hari, karena ada hari raya dan hari Nasional. Hal ini telah disepakati oleh dua pasangan calon, karena jika ada salah satu pasangan calon yang berkampanye diluar hari jadwal, maka menjadi tanggung jawab Panwaslu.
KPU Mubar masih terkendala pada data pemilih yang tidak memilki Karta E-KTP, dengan jumlah sekitar 8.532 orang yang merupakan adalah Daftar Pemilih Tetap (DPT).”Untuk mengatasi hal ini kami sudah melakulan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” tutupnya. (#)

Pin It on Pinterest