Peringati Hari Pahlawan, Bupati Muna Berziarah di Makam Pahlawan

Peliput: Iman Supa Editor: Zaman Adha

Raha,BP – Dalam memperingati hari pahlawan setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan sebagai momentum refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam mengisi kemerdekaan.
Bupati Muna LM Rusman Emba MSi setelah memimpin upacara di alun-alun Kota Raha, kemudian dilanjutkan upacara di Makam Pahlawan, sekaligus menabur bunga diseluruh makam pahlawan yang gugur dimedan perang. Kegiatan tabur bunga dihadiri seluruh Forum pimpinan daerah maupun seluruh SKPD, Kamis (10/11).
Dalam sambutannya Rusman menjelaskan, peringatan hari pahlawan didasarkan pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 yang banyak memakan korban.
“Peristiwa tersebut memberi pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bukanlah politik ketakutan melainkan politik harapan, bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan tak menyurutkan semangat,” ungkapnya.
Dalam visi yang dibawahkan oleh Presiden RI bersama Wakilnya, terwujudnya indonesia berdaulat, mandiri dan kepribadian berlandaskan bergotong royong. “Dalam mewujudkan visi telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan kedepan dengan nama Nawa Cita, dikategorikan dalam tiga ranah seperti ranah mental kultural, material (ekonomi), dan politik,” katanya.
Rusman menambahkan, momentum peringatan hari pahlawan dapat diambil makna yang terkandung didalamnya, dengan meneladani nilai leluhur yang diwariskan seperti takwa terhadap Tuhan YME, jujur dan adil, percaya pada kemampuan sendiri, serta kerja keras dalam membangun indonesia.
Pantauan Wartawan Baubau Post, dalam upacara di makam pahlawan di Kelurahan Watoputeh wakil DPRD Muna La Ode Dyrun menanam bingkai bunga kemudian dilanjutkan oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba, satu persatu melakukan penaburan bunga disetiap makam. (*)

Pin It on Pinterest