PU Busel Prioritaskan Penyelesaian Drainase

– Minimalisir Genangan Air

Peliput: Alamsyah Pradipta – Editor: La Ode Adrian

BAUBAU, BP – Untuk mengatasi air tergenang yang kerap terjadi disepanjang jalan pada beberapa desa di Kabupaten Buton Selatan, Dinas Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Kabupaten Buton Selatan memprioritaskan penyelesaian pembuatan drainase pada beberapa titik yang rawan terjadi genangan air.

Sekretaris Dinas PU Pera Kabupaten Buton Selatan Drs Abdul Manan MSi mengatakan, pengerjaan drainase ingin segera diselesaikan agar seluruh kalangan masyarakat dapat merasakan manfaat dari pengadaan drainase yang telah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel).

“Kita terus memprioritaskan sebaik mungkin pengerjaan gorong-gorong (drainase) ini supaya masyarakat bisa merasakan hasilnya, karena kalau kita lihat sebagian besar jalan di Busel ini pasti airnya tergenang, dan itu bukan hal yang asing lagi. Kalau kita lihat banyak sekali air tergenang, makanya kami terus mengejar pembuatan gorong-gorong ini supaya semua pihak bisa merasakan manfaatnya,” kata Abdul Manan, Kamis (10/11).

Dijelaskan, beberapa daerah akan menjadi prioritas utama untuk pembuatan drainase tersebut, seperti pada wilayah Majapahit, Wangi-wangi, dan Bosowa, yang kemudian akan disusul oleh beberapa daerah lainnya.

“Jadi baru beberapa tempat saja yang kami prioritaskan seperti Majapahit, Wangi-wangi dan Bosowa karena memang wilayah ini yang memiliki dampak besar dalam masalah air tergenang ini. Dan itu suda lama terjadi selama ini, makanya kami akan terus bekerja semaksimal mungkin, tetapi tetap kami akan memprioritaskan daerah lainnya supaya adanya pemerataan kedepan,” tuturnya.

Diharapkan kata Abdul Manan, setelah pengerjaan drainase selesai, agar masyarakat menjaga, merawat, serta memelihara fasilitas yang telah dibuat tersebut sebaik mungkin, mengingat pengadaan drainase akan sangat bermanfaat bagi seluruh kalangan terutama masyarakat yang bertempat tinggal pada wilayah yang langganan dengan genangan air.

“Saya harap gorong-gorong itu nanti bisa dijaga oleh semua masyarakat, jangan sampai buang sampah didalam situ, karena kalau buang sampah disitu bisa menyumbat jalannya air, akibatnya air tergenang lagi dan sampah akan terperangkap di dalam. Mari kedepan sama-sama kita jaga kebersihan, menjaga fasilitas yang telah pemerintah buatkan,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest