Penetapan APBD 2017 Lewat 30 November 2016

– Gaji Aparatur, Kepala Daerah, dan Anggota DPRD Bakal Ditunda

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – DPRD Kota Baubau memberi waktu kepada Pemerintah Kota Baubau untuk menyusun APBD 2017 sebelum batas waktu yang ditentukan, yaitu 30 November 2016. Apabila melewati batas waktu yang ditentukan, maka akan dikenakan sanksi yang tegas. Demikian yang dikatakan Wakil Ketua DPRD, La Ode Yasin Mazadu saat ditemui di temui sudah rapat paripurna, Jumat (11/11).
“Tanggal 30 November sudah harus ketok palu, lewat dari itu akan ada konskuensi, berupa tidak dibayarkan gaji kepala daerah dan wakil kepala daerah selama enam bulan, dan gaji anggota DPRD selama enam bulan, serta penundaan Dana Alokasi Umum (DAU),” jelas Yasin.
Meski dengan terbatasnya waktu, namun tidak membuat DPRD mengurangi tugasnya sebagai fungsi anggaran dan pengawasan program pemerintah. Adapun pembahasan penetapan APBD 2017 dalam Banggar dengan estimasi waktu selama satu hingga dua minggu.
“Pada pembahasan KUA dan PPAS beberapa waktu lalu berlangsung alot sekali, apalagi pentapan APBD 2017 ini sudah tahun terakhir dalam pemerintahan Tampil Mesra, sehingga kami mau melihat sinkronisasi visi misinya pada tahun kelima pemerintahan, seperti apa APBD diarahakan untuk mencapai target capaian kinerja pemerintahan,” katanya.
Hal senada disampaikan salah seorang anggota Komisi II DPRD, Joni Munadi Awal SE. Dia menjelaskan dengan ditundanya gaji aparatur pemerintah, kepala daerah, anggota DPRD, maka pelaksanaan anggaran akan mengalami gangguan. Sehingga Joni meminta agar diluangkan waktu agar pembahasannya paralel
“Stake holder yang menangani Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ini agar benar-benar disiapkan. Pernah terjadi dalam rapat pembahasan KUA PPAS, kami rapat dari pagi sampai malam, tapi dokumennnya terlambat diantar, kita berharap ini tidak terjadi lagi,” tututnya.
Joni berharap, meski RPJMD sifatnya Perda kumulatif terbuka, tapi menjadi prioritas. Namun yang menjadi kendala yang harus dipahami, RPJMD sudah lama ditunggu, namun baru muncul dan dijadikan prioritas dan landasan. (*)

Pin It on Pinterest