Plt Bupati Buton Pilih Tinggal di Pasarwajo

Peliput: Alyakin

PASARWAJO, BP – Sejak menjadi Plt Bupati Buton, Effendi Kalimuddin telah menerapkan disiplin bagi pegawainya. Untuk mewujudkan hal itu, Effendi memilih tinggal di Pasarwajo, Ibu Kota Kabupaten Buton, untuk mempermudah pengawasan pegawainya.
Dikatakan, selain mempunyai tanggung jawab untuk mensukseskan Pemilukada di Kabupaten Buton, pihaknya juga harus mampu membina kedisiplinan PNS lingkup Kabupaten Buton agar tepat masuk masuk kantor. Terlebih sebagian PNS Kabupaten Buton masih berdomisili di Kota Baubau.
“Saya sudah biasa masuk kerja pagi hari di kantor, ini akan diterapkan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk masuk pagi saat jam kerja tepat waktu. Kita ketahui bersama sebagian besar Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Buton masih berdomisili di Kota Baubau,” katanya.
Effendi mengaku lebih senang tinggal di Rujab yang terletak di Pasarwajo dari pada di Kota Baubau, agar tidak repot pulang balik dalam menjalankan tugas sebagai bupati dan mempermudah dalam memantau pegawainya. ” Kalau Pulang balik dari Pasarwajo ke Kota Baubau itu capek karena jaraknya kurang lebih 50 kilometer,” jelasnya.
Mantan Jaksa ini juga menjelaskan, tertib dan disipiln waktu itu sangat penting dan pulang kantor dengan tepat waktu. Hal ini yang akan diterapkan khususnya PNS di Kabupaten Buton sesuai Peraturan Pemerintah Daerah tentang kedispilnan Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Effendi berharap, PNS harus bisa menyesuaikan dengan pola kerja yang telah diterapkan. Karena apabila melanggar akan dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.
Orang nomor satu di Kabupaten Buton ini, tidak segan-segan memberikan sanksi terhadap PNS yang datang terlambat saat jam kerja. Adapun toleransi yang diberikan 10-15 menit.
Perlu diketahui, pada hari pertama kerja, Effendi telah melakukan pertemuan dengan Seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dan para staf untuk menyampaikan, bahwa dia akan menjalankan tugas berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mentri Dalam Negeri (Mendagri), memimpin pemerintahan di Kabupaten Buton hingga adanya Bupati terpilih. (*)

Pin It on Pinterest