Operasi Patroli, KRI Nala 363 Transit ke Baubau

Peliput: Anton – Editor: Hengki TA

BAUBAU, BP – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Nala nomor 363 yang berlabuh di pelabuhan Murhum kota Baubau sejak Jumat (11/11). Kapal perang milik TNI-AL tersebut singgah ke Baubau dalam rangka misi operasi patroli pengamanan laut wilayah timur Indonesia.

Komandan KRI Nala 363, Letkol Laut (P) Rizky Prayudi, mengatakan sebelum transit ke Baubau, KRI Nala 363 melakukan perjalanan mulai dari Surabaya dan
kemudian menyinggahi beberapa kota seperti Semarang, Banjarmasin, Balikpapan, dan kemudian singgah di Baubau.

“Dalam rangka untuk melaksanakan tugas pokok TNI AL, yang salah satu diantaranya menjalankan tugas pokok TNI matra laut, dibidang pertahanan laut dan juga penegakkan kedaulatan hukum di laut,” jelasnya.

Sebagai tugas pokok prajurit kesatria TNI AL, dengan menegakkan kedaulatan hukum dilaut yang mencakup penertiban dan penegakkan hukum laut terhadap kapal-kapal yang berpotensi melakukan pelanggaran di laut, baik berupa pelanggaran mengenai tapal batas negara, ilegal fishing, ilegal mining, ilegal loging maupun lain-lainnya yang berkaitan dengan pelanggaran hukum di laut.

“Apabila ada pelanggaran yang ditemukan, kita akan melakukan proses secara prosedural. Setelah diselidiki, kita akan lakukan penyidikkan terhadap berkas perkaranya, dan kita akan laporkan ke komando atasan kita, yang selanjutnya kapalnya beserta berkas dan barang buktinya akan kita limpahkan kepada pihak yang berwenang dalam hal ini pangkalan Angkatan Laut terdekat, baik ke Lanal atau Lantamal untuk diproses lebih lanjut,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest