Panitia dan Panwas Pilkades Patua II Batal Buka Kotak Suara

– Tindak Lanjuti Gugatan Calon Kades

Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Rencana Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dan Panitia Pengawas (Panwas) Desa Patua II, Kecamatan Tomia untuk membuka kotak suara guna menindak lanjuti gugatan salah seorang calon kepala desa (kades) dibatalkan.
Sebagaimana diberitakan di media ini sebelumnya bahwa panitia Pilkades dan Panwas Desa Patua II, yang akan dikawal saksi-saksi calon serta pihak Kepolisian dan TNI akan membuka kotak suara, Rabu (16/11). Namun belakangan kesepakatan itu berubah dan tetap mengacu pada jadwal Pilkades serentak Kabupaten Wakatobi Tahun 2016.
“Rencana untuk buka kotak suara, Rabu (16/11) dibatalkan. Panitia dan Panwas Pilkades Desa Patua II, sepakat untuk mengikuti jadwal Pilkades serentak yang harus menetapkan calon terpilih hari ini juga, Rabu (16/11),” terang Camat Tomia, La Ode Syafihudin, melalui telepon celulernya, Rabu (16/11).
Gugatan yang dilayangkan salah seorang calon kades Patua II yang merasa dirugikan pada perhitungan akhir perolehan suara calon kades lanjut La Ode Syafihudin, tetap akan diproses namun akan diserahkan kepada Desk Pilkades Kabupaten Wakatobi.
“Gugatan salah seorang calon kades itu tetap diterima di panitia kecamatan. Namun gugatan itu akan dilanjutkan ke Desk Pilkades Kabupaten Wakatobi untuk kemudian ditindak lanjuti. Karena panitia dan panwas Pilkades desa mengikuti jadwal serentak,” ucap La Ode Syafihudin.
Sementara itu Ketua Desk Pilkades Kabupaten Wakatobi, Amiconi, saat ingin dimintai tanggapan terkait gugatan salah seorang calon kades Patua II tidak bisa ditemui karena sedang melakukan rapat internal dengan Bupati Wakatobi. (***)

Pin It on Pinterest