Dugaan Potongan Dana KIP, Dikbut Muna Tidak Bisa Memberikan Sikap Tegas

Peliput: Iman Supa – Editor: Hengki TA

Raha, BP – Adanya dugaan potongan dana Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebesar Rp. 50 ribu, yang dilakukan oleh oknum Kepala Sekolah SDN 7 Parigi. Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbut) Kabupaten Muna belum mengambil sikap dan memberikan sanksi yang tegas.

Kepala Dikbut Kabupaten Muna, Laode Ndibale Mukthar mengatakan, pihaknya belum menerima laporan atas tindakan oleh oknum Kepala Sekolah tersebut, namun pihaknya berjanji akan menindak lanjuti dengan melakukan pemanggilan kepada Ka PUTD Parigi La Dikari, untuk mengonfirmasi kebenaran tersebut.

“Besok kita akan memanggil Ka PUTD Parigi untuk informasi kebenarannya kemudian jika itu terbukti, kita pasti tindaki kepala sekolah bersangkutan, minimal dengan sanksi mengembalikan utuh uang siswa yang menerima bantuan.” kata Mukthar.

Lanjutnya, pihaknya akan menyurati Kepala Sekolah untuk melakukan pemeriksaan, apabila terbukti ada indikator pungutan liar (Pungli), maka akan terjerat undang-undang nomor 81 tentang sapu bersih pungli.

“Kita belum tau sanksi apa yang akan diberikan oleh atasan, namun sudah pasti akan ada sanksi tegas kalau kepala sekolah tersebut terindikasi melakukan pungli,” tutupnya.(*)

Pin It on Pinterest