Pemda Butur Sisir Potensi Daerah Jadi PAD

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Utara (Butur) mulai merencanakan pembentukan sejumlah rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait pemanfaatan sejumlah potensi sektoral yang dimiliki daerah tersebut.
Rencana pembuatan Perda dimaksud ditujukan agar bisa dimanfaatkan dalam menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) setempat semakin lebih maksimal.
Kabag Humas Pemda Butur Sartono S Sos mengatakan, dari sejumlah Raperda yang sudah mulai direncanakan tersebut diantaranya adalah Raperda tentang pemanfaatan pariwisita, pemanfaatan sejumlah daerah pesisir, cagar budaya, dan sejumlah aspek lainnya.
“Khusus raperda pemanfaatan sejumlah daerah pesisir karena adanya rencana dari pemerintah daerah untuk melakukan reklamasi pada sejumlah tempat,”terang Sartono.
Selama ini, tambah Sartono beberapa sektor yang berpotensi untuk dimanfaatkan dalam menggenjot PAD Butur belum memiliki payung hukum. Sehingga tidak dapat dimanfaatkan guna memberi tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Padahal sambung mantan jurnalis ini, terkait dengan semua hal tersebut dapat memberi manfaat buat daerah melalui penarikan retribusi.Misalnya, sejumlah tempat pariwisata di Butur, karena belum ada perdanya maka tidak bisa dikenakan retribusi masuk. Karenanya, pemerintah daerah mulai memikirkan semua hal tersebut.
Untuk pembahasan pembentukan Raperda itu sendiri, terang Sartono sudah selesai dibahas dan dibicarakan dalam rapat yang dihelat beberapa waktu lalu. Langkah selanjutnya, akan diajukan ke Badan Legislasi (Baleg) DPRD untuk dimasukan diprolegda. “Itu semua sudah dirapatkanmi belum lama ini, tinggal pihak eksekutif membuat rancangan untuk dibahas di dewan,”aku Sartono (*)

Pin It on Pinterest