Penuhi Kebutuhan Listrik, PLN Baubau Akan Beri Butur Tambahan Tiga Mesin

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Buton Utara (Butur), tahun depan pihak PLN area Baubau akan memberikan bantuan tiga mesin dengan daya masing-masing 500 KW.
Adanya bantuan mesin dikatakan langsung pihak PLN Area Baubau usai mendengarkan pemaparan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Butur Armin terkait kondisi kelistrikan Butur saat ini, pada saat pertemuan dengan PLN Persero Jakarta Pusat, PLN Regional Makassar, PLN area Kendari dan PLN area Baubau. Pertemuan tersebut membahas tentang percepatan pembangunan infrastruktur ketenaga listrikan.
“Jadi PLN area Baubau setelah mendengar kondisi listrik kita, langsung memberikan respon akan memberikan bantuan tiga mesin yang berkapasitas 500 KW,” kata Armin ketika ditemui di kantornya, Selasa (15/11).
Sebagaimana diungkapkan Armin, pada pertemuan tersebut, dirinya memaparkan bahwa dari enam kecamatan di Butur yang teraliri listrik baru empat kecamatan, tiga kecamatan sudah menyalah 24 jam yakni Kulisusu Utara, Kulisusu dan Kulisusu Barat. Sedangkan Bonegunu dan Kambowa hanya malam saja menyalah. Kambowa pun masih banyak desa lagi yang belum ada listriknya. Sedangkan satu kecamatan ialah Wakorumba Utara belum sama sekali mendapatkan aliran listrik dari PLN.
“Jadi Kambowa karena masih lima desa lagi yang belum dialiri listrik maka dianggap belum ada. Sedangkan Wakorumba Utara belum masuk sama sekali listrik,” jelas Armin seperti kesimpulan dalam pemaran tersebut.
Dalam pertemuan itu juga, PLN pusat mengungkapkan bahwa transmisi untuk memberikan daya listrik di Sultra yang melalui Sulawesi Selatan (Sulsel) itu sudah sementara di proses. Hanya saja masih ada kendala pembebasan lahan masyarakat.
Dalam percepatan pembangunan trnsmisi itu untuk di Sultra di wilayah daratan, maka yang ada mesin-mesin di kabupaten yang sudah dilalui transmisi akan di bawah ke kabupaten yang minim pembangkit listriknya agar tidak terjadi pemadaman listrik yang kita alami sekarang.
“Jadi pengaturannya itu akan didrop satu mesin di Labunia Pure untuk melayani Wakorumba Utara, satu mesin lagi untuk tambahan di PLN unit Kulisusu, dan satu mesin lagi Unit Bonegunu untuk melayani Kambowa,”terangnya.(*)

 

Pin It on Pinterest