Lewat APBDes, Kades dan Aparatnya di Butur Wajib Ikut Program BPJS

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Tahun 2017 mendatang kepala desa beserta aparatnya se Buton Utara (Butur) wajib mendapakatkan keanggotaan BPJS.Sehingga, kedepannya anggaran untuk program tersebut dapat dimasukan dalam APBDes.

Demikian dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Butur H Tasir saat membuka acara sosialisasi BPJS kesehatan kepada komunitas dan masyarakat kabupaten Butur, Kamis (17/11) di Aula Bappeda setempat.
“Kenapa kita undang kades dan aparat desa karena ada kaitannya dengan BPJS kesehatan ,agar aparat dan kepala desa wajib mendapatkan keanggotaan BPJS kesehatan, kemudian kedepannya untuk menyiapkan anggaran di APBDes 2017,”kata H Tasir.

Dijelaskannya, tahun depan anggaran DD akan mengalami kenaikan. Dimana, sebelumnya hanya 5,9 persen, nantinya akan naik dampai 10 persen. Selain itu, sumber-sumber pendapatan di desa sebenarnya cukup besar, ada namanya DD yang bersumber dari APBN, kemudian ADD yang bersumber dari DAU dan tekanannya adalah mencapai 10 persen.

“Kita di Butur dapat memenuhi sebesar 5,9, nah kebijakan nasional tentang pemenuhan 10 persen sampai saat ini pemerintahan kita baru mampu meyelesaikan sebesar 6,4 untuk 2016. Jadi tidak ada masalah kalau anggaran BPJS dimasukan dalam APBDes,”ujar Tasir yang juga menjabat Staf Ahli Setda Butur Bidang Pemerintahan dan Kesra.

Berdasarkan hal itu, Tasir mengaharapkan kepada seluruh Kades untuk serius mengikuti program BPJS tersebut.
” Karena BPJS ini juga memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Dikesempatan itu pula, Tasir mengimbau juga kepada Kades beserta aparatnya agar dalam pengelolaan dana desa harus betul-betul fokus dan selalu melibatkan masyarakat desa, sehingga pelaksanaannya berjalan sesuai yang diharapkan.”Penata usahaan diwajibkan semua perangkat desa profesional dalam menyusun administrasi di desa sesuai aturan berlaku,”tegasnya.

Pada cara tersebut, selain Kades dan aparatnya, turut dihadiri sejumlah pimpinan SKPD, kepala unit pemasaran BPJS kesehatan Butur Bu Lima, Camat dan Lurah se Butur. (*)

Pin It on Pinterest