Pelabuhan Banabungi Kabupaten Buton Butuh Perhatian

Peliput: Alyakin Editor: Zaman Adha

PASARWAJO, BP – Hingga saat ini, Pelabuhan Banabungi yang terletak di Pasarwajo masih sunyi dari kegiatan sandar kapal maupun bongkar muat barang. Disamping itu, fasilitas penunjang seperti listrik belum terpasang.
Kepala Wilayah Kerja Dermaga Pelabuhan Banabungi, Adrisman mengungkapkan, pihaknya sudah berupaya melakukan koordinasi dengan pihak PLN Rayon Pasarwajo untuk pemasangan instalasi listrik di Pelabuhan Banabungi.
“Kami juga sudah berkordinasi dengan PLN Pasarwajo untuk memasang listrik di sini, akan tetapi pihak yang mempunyai lahan belum memberikan izin untuk memasangkan tiang listrik ditanahnya,” ungkapnya.
Pelabuhan Banabungi harus mendapat perhatian, karena merupakan salah satu jalur masuknya arus barang di Kabupaten Buton. Pelabuhan ini letaknya strategis, dan cocok untuk persinggahan kapal dan bongkar muat barang, karena ombaknya relatif kecil.
“Kami juga berkoordinasi dengan pemilik tanah, tokoh-tokoh masyarkat, dan pemerintah daerah setempat, untuk semakin mengembangkan pelabuhan ini,” katanya.
Adrisman menambahkan, berkembangnya suatu daerah ditandai dengan pelabuhannya yang ramai dari aktivitas pelayaran dan bongkar muat barang. “Majunya suatu daerah karena pelabuhan hidup sebab pintu gerbang untuk perkembangan perekonomian adalah dermaga,” ucapnya.
Pihaknya berharap, pelabuhan banabungi dapat maju dan ramai seperti halnya pelabuhan yang ada di daerah lainnya. Sehingga, Kabupaten Buton juga semakin pesar perkembangannya. (*)

Pin It on Pinterest