DPRD Beri 95 Pertanyaan Kepada Pemkot Baubau

image_pdfimage_print

– Telaah Gabungan Komisi

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Pemerintah Kota Baubau dan DPRD kembali melakukan rapat bersama terkait Raperda tentang RAPBD Kota Baubau tahun 2017. Kali ini, DPRD Kota Baubau menyampaikan hasil telaah gabungan komisi dewan terhadap penganggaran program kegiatan kepada 22 SKPD lingkup Kota Baubau, Selasa (22/11).
Gabungan komisi dewan melalui juru bicaranya, Sri Susanty mempertanyakan alokasi anggaran belanja modal Kota Baubau yang hanya sebesar Rp 199.005.373.500 atau 23,53 persen dari total belanja daerah. Hal ini cukup kecil karena idealnya belanja modal suatu daerah harus 30 persen ke atas, dati total APBD.
“Hal ini untuk mendorong proporsi belanja langsung dan belanja tidak langsung yang lebih ideal,” katanya.
Tercatat sekira 95 poin pembahasan yang diberikan oleh DPRD kepada tim Pemerintah Kota Baubau untuk dijelaskan pada agenda rapat selanjutnya. Seperti pada salah satu pertanyaan gabungan komisi dewan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, mengenai normalisasi Kasulana Tombi/Tiang bendera, yang dianggarkan hinga Rp 200 juta. Selain itu, dewan juga menyarakan agar diadakan program festival Santri atau lomba antar sekolah tingkat SD, SMP se Kota Baubau.
Pertanyaan lainnya kepada Dinas Kesehatan, mengenai program pengawasan obat dan makanan yang menelan anggaran Rp 73.945.000. Peningkatan terhadap bangunan Puskesmas Kadolomoko yang belum terealisasi juga menjadi pertanyaan yang dilontarkan dewan. Sementara, bangunan yang ada saat ini dinilai sudah kurang layak untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Sementara itu, kepada BLUD RSUD Kota Baubau dewan mempertanyakan mengenai jumlah pasien yang berobat ke BLUD RSUD Kota Baubau, setelah RS Siloam resmi dibuka. Selain itu dewan juga mempertanyakan mengenai status tenaga honorer, termasuk pula besaran pemberian uang jasa setiap melaksanakan tugas.
Serta beberapa pertanyaan lain yang mengacu kepada efisiensi penggunaan anggaran pada 22 SKPD hasil telaah gabungan dewan, dalam RAPBD Kota Baubau tahun 2017. Tim dari pemerintah Kota Baubau melalui Sekretaris Daerah, Drs Muh Djudul MSi akan memberikan jawaban atas hasil telaah gabungan dewan pada keesokan harinya (hari ini). (**)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This