Pembangunan Lanal Baubau Tipe D, Berkapasitas 60 Personil TNI AL

image_pdfimage_print

Peliput: Anton – Editor: La Ode Adrian

BAUBAU, BP – Pembangunan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) di Kota Baubau direncanakan bertipe D. Komandan Pos TNI Angkatan Laut (Danposal) Baubau Letda Laut (P) Andi Heri S mengatakan, Lanal yang akan dibangun berkapasitas hingga 60 personil.

Selain itu, Lanal harus memenuhi persyaratan dari segi posisi dan letak lokasi yang strategis, luas area pangkalan, serta kelayakan dari segi pembangunan fasilitas dermaga.

“Dari surat telegram Panglima TNI memang akan ada peningkatan status, dari Posal Baubau menjadi Lanal Baubau tipe ‘D’, kalau jumlah anggota untuk Lanal tipe ‘D’ itu sekitar 60 personil, kalau tipe ‘C’ kelipatannya dari itu, bisa 120 personil,” jelas Andi Heri.

Dikatakan, sesuai dengan standar operasional Lanal, maka posisi daerah yang strategis, lahan yang pas, dan pengadaan fasilitas pendukung mempunyai peranan penting sebagai prasyarat dibangunnya Lanal.

“Untuk kelanjutannya, dari pihak sini dalam hal ini Pemerintah Kota memang telah menyediakan lahan yang pas, sesuai dengan kebutuhan operasional sebagai Lanal, mungkin yang daerahnya strategis, bisa untuk dibangun fasilitas dermaga,” ungkapnya.

Dikatakan pula bahwa, mengenai penetapan lokasi untuk Lanal Baubau belum ada kepastian, pihak TNI-AL sendiri terus mengadakan beberapa survey pada beberapa titik yang rencananya akan dijadikan lokasi Lanal.

“Kalau mengenai penetapan lokasi untuk Lanal Baubau itu belum, hanya yang kemarin kita survey itu di area Palabusa, tapi itu ditanggapi juga dari pihak Lanal Kendari kita harus cari lokasi yang pas dan cocok dengan fungsi Lanal itu sendiri, untuk berikutnya nanti kita akan cari lagi lokasi yang lebih sesuai,” paparnya.

Ditambahkannya, mengenai luas area Lanal tipe ‘D’ yang sesuai dengan standar ketentuan yakni berkisar dua atau tiga hektar.

“Untuk luas area itu dia menyesuaikan, tapi kalau standar untuk sebuah Lanal tipe standar itu berkisar dua sampai tiga hektar, karena Lanal yang akan dibangun itu adalah Lanal tipe ‘D’, tapi suatu saat bisa akan berkembang jadi tipe ‘C’ atau tipe ‘B’ dan itu tergantung dari kondisi lingkungannya,” tandasnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This