Hamsina Bolu: Kondisi Keuangan Negara Penyebab Kepton Belum Bisa Mekar

image_pdfimage_print

Laporan : LM Irvan Mihzan

KENDARI,BP – Anggota DPD RI Wa ode Hamsinah Maane Bolu memastikan pembahasan tentang pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) telah rampung, dan telah membuahkan Surat Rekomendasi melalui sidang paripurna DPD RI. Namun saat ini masih terkendala kondisi keuangan Negara, yang belum memungkinkan untuk merealisasikan pemekaran tersebut.

Menurutnya, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI memandang dan mempertimbangkan kondisi keuangan Negara.

“Itu yang disampaikan oleh Pak Mendagri beberapa bulan lalu, kondisi keuangan Negara yang belum memungkinkan, artinya kita menunggu pada saat kondisi keuangan Negara. Untuk tepatnya bisa dikonfirmasi ke Kemendagri ya terkait kesiapan keuangan Negara untuk itu (pemekaran Kepton-red),” jelasnya.

Kata Hamsina, terdapat ratusan Daerah yang mengajukan kepada DPD RI untuk dimekarkan, tetapi berdasarkan hasil penilaian dan parameter DPD RI, untuk Kepton seluruhnya sudah memenuhi syarat. Oleh karena itu direkomendasikan DPD RI kepada Kemendagri dan DPR RI untuk direalisasikan.

“Itu keputusan sidang paripurna DPD RI beberapa bulan lalu, dan itu sudah dilaunching, DPD RI memuat itu di koran Nasional sehalaman penuh nama-nama daerah yang direkomendasikan untuk mekar, dan termasuk didalamnya adalah Kepton,” kata Hamsinah.

Hamsina menyebutkan, Kepton masuk dalam list beberapa nama Daerah Pemekaran yang diprioritaskan DPD RI untuk dimekarkan.

Untuk diketahui, DPD RI untuk persoalan pemekaran Daerah dibahas oleh Komite I. (**)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This