Peliput: Ujang Barakati Editor: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau melakukan serangkaian rencana kegiatan kerja yang mengacu pada program kerja dari pusat hingga daerah. Untuk tahun 2018, Dinkes Kota Baubau memiliki empat program kerja besar untuk memenuhi hak-hak masyarakat untuk lebih hidup sehat.

Sekretaris Dinkes Kota Baubau, Amrin Taone Senin (15/01) menyebutkan, empat program kerja tersebut yakni Promotif, Preventif, Kuratif, dan Rehabilitatif.

“Promotif itu kegiatan mempromosikan kesehatan, Preventif merupakan kegiatan pencegahan penyakit, Kuratif merupakan kegiatan penyembuhan penyakit atau pengobatan, dan Rehabilitatif itu bagaimana mengembalikan bekas penderita penyakit ke dalam masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskan, pada bidang promotif setiap Puskesmas di Kota Baubau telah menerapkan lokakarya mini. Berfungsi sebagai ajang promosi kesehatan dengan mengundang masyarakat untuk membahas rencana kerja 2018.

“Misalnya puskesmas BWI sudah melakukan itu, sehingga kita sekarang setiap waktu kita sampaikan kepada teman-teman Puskesmas, baik kepala Puskesmas maupun tenaga lapangan untuk jeli melihat fenomena yang terjadi di masyarakat tentang keadaan penyakit,” ungkapnya.

Persoalan kesehatan kata Amrin, merupakan urusan wajib dasar. Mulai dari pusat sampai daerah yang berpusat pada satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan daerah, sehingga hak-hak masyarakat untuk hidup sehat bisa terlayani dengan baik. (#)

Pin It on Pinterest