Panwaslu Buton Gelar Tes Wawancara Calon PPL

image_pdfimage_print

Peliput Alyakin Editor: Zaman Adha

PASARWAJO, BP – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Buton melakukan tes wawancara kepada calon pengawas pemilihan lapangan (PPL) tingkat desa. Tes ini digelar selama enam hari ditujuh kecamatan lingkup Kabupaten Buton.

Tes wawancara dimulai pada 9-14 Januari 2017. Wawancara itu dilakukan setelah para peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi berkas pada 6 Januari 2018.

“Sebanyak 191 orang calon pengawas pemilihan lapangan (PPL) tingkat desa se Kabupaten Buton melakukan tes wawancara yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan selama enam hari sejak 9-14 Januari 2018,” Kata ketua Panwaslu Buton, Irfan ketika dikonfirmasi Baubau Post kemarin.

Dari jadwal yang telah diberikan, pihaknya menyerahkan ke masing-masing anggota Panwas kecamatan berapa hari melakukan tes wawancara.

“Apakah dilaksanakan selama enam hari atau berapa hari, tergantung Anggota Panwascam yang dibantu anggota sekretariat masing-masing kecamatan khususnya masalah administrasi,” katanya

Selain itu, dari jumlah peserta calon PPL dimasing-masing desa, nantinya hanya akan diambil satu orang yang akan dinyatakan lulus berdasarkan hasil pleno Anggota Panwascam. Untuk jadwal pelantikan terhadap mereka (PPL) yang lulus akan dilakukan pada 19 Januari 2018 di Kecamatan Pasarwajo.

Menurutnya, peserta terbanyak berasal dari Kecamatan Pasarwajo yang terdiri dari 22 desa/kelurahan yaitu sebanyak 58 orang. Secara keseluruhan dari 191 peserta didominasi oleh laki-laki.

“Dalam perekrutan PPL juga harus memperhatikan keterwakilan perempuan yaitu 30 persen sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kami berharap, semoga peserta PPL yang dinyatakan lolos nanti dapat memegang amanah yang diberikan undang-undang sehingga visi misi dari Bawaslu itu dapat tercapai, khususnya melakukan pengawasan di desanya masing-masing,” harapnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This