89 Nelayan Kecamatan Wolio Terima Kartu Asuransi

image_pdfimage_print

Peliput: JayaB Editor: Zaman Adha

BAUBAU,BP – 89 nelayan di Kecamatan Wolio kini telah berasuransi. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota baubau telah menyerahkan kartu asuransi kepada nelayan Kecamatan Wolio, Kamis (11/01).

Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH yang dalam sambutannya mengatakan, jumlah kartu asuransi nelayan harus benar-benar akurat dan tepat sasaran. Penerima kartu asuransi harus nelayan yang benar-benar membutuhkan, demi kesejahteraan nelayan.

“Hal ini bertujuan untuk memberikan penguatan terhadap nelayan dalam menjalani kesehariannya dalam berprofesi sebagai nelayan, karena profesi tersebut memiliki tantangan dan resiko yang besar,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Baubau itu berharap, agar nelayan dapat memanfaatkan kartu itu dengan sebaik-baiknya.

Plt Kepala DKP Sadidi saat dikonfirmasi Baubau Post usai menyerahkan kartu asuransi nelayan mengatakan, penerima kartu nelayan tersebar di tiga kelurahan di Kecamatan Wolio.

“Di Kelurahan Batulo, Bataraguru dan Kadolokatapi,” tuturnya.

Dijelaskan, nelayan yang mendapatkan kartu asuransi tersebut merupakan nelayan yang telah memiliki kartu nelayan sebelumnya. Jumlah 89 tersebut sebelumnya didapatkan dari RT/RW daerah setempat kemudian diverifikasi oleh penyuluh DKP Kota Baubau.

“Setelah mendapatkan verifikasi dari penyuluh, kemudian diusulkan ke Kementerian untuk mendapatkan penyempurnaan data tersebut,” jelasnya.

Lanjutnya, setelah data tersebut dianggap lengkap, kemudian dilakukan penginputan. Dalam masa penginputan tersebut, merupakan waktu tunggu untuk nelayan yang akan mendapatkan kartu asuransi.

Pihaknya mengimbau agar nelayan yang mendapatkan kartu asuransi tersebut dapat menjadi motifasi bagi nelayan lainnya. “Dalam hal ini profesi nelayan tersebut juga dapat membantu masyarakat yang begitu membutuhkan hasil tangkapan mereka,” katanya.

Sadidi berharap, dengan adanya kartu asuransi nelayan ini dapat menjadi salah satu penggerak dalam menjalankan profesinya sebagai nelayan. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This