Mahsiswa Kecam Tindakan Oknum Dosen STIP Muna

image_pdfimage_print

 Ancam Mahasiswa Dengan Senjata Tajam

Peliput: Iman Supa Editor: Hasrin Ilmi

Mahasiswa Yang Melaksanakan Demo (2)

RAHA,BP- Dosen sebagai tenaga pendidik seharusnya mengayomi mahasiswanya untuk menjadi yang terbaik. Namun, berbeda dengan salah seorang dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muna malah melakukan tindakan memalukan dengan mengintimidasi salah seorang mahasiswanya jurusan budidaya perairan dengan menggunakan senjata tajam.

Hal ini disampaikan Siti Sasrani Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIP Muna dalam aksi demo di pelataran Tugu Jati Raha, Jumat(12/01).

Dalam orasinya, tindakan yang dipertontonkan oleh salah seorang oknum yang berstatus Dosen di STIP Muna itu, sungguh merupakan tindakan yang bisa mencederai sistim perguruan tinggi yang notabenenya mengedepankan intelektualis, ilmiah dan akademik.

“Tindakan seperti ini harusnya tidak dipertontonkan oleh dosen para mahasiswanya. Apalagi disisi lain statusnya sebagai salah seorang pimpinan bidang di kampus, “kesalnya.

Untuk itu, pihaknya mengecam keras tindakan tersebut dan meminta pihak kampus untuk segera diberhentikan sebagai tenaga pendidik.

Hal senada diungkapkan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ramadhan, pihaknya sangat menyesalkan tindakan yang dilakukan oleh pimpinan bidang kemahasiswaan dan kerjasama di STIP Muna itu. Pasalnya, tindakan premanisme seperti itu, tidak etis kalau dipertontonkan oleh kalangan terdidik.

“Seluruh kader akhlusunnah waljamaah se-Kabupaten Muna mengutuk keras perbuatan seperti itu. Kami juga meminta dengan tegas, agar oknum dosen tersebut mengucapkan permohonan maaf dihadapan publik, karena mahasiswa yang terintimidasi merupakan kader PMII, ” tuturnya

Sementara itu, Hasan Jufri, selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Raha mengatakan kekesalan dan rasa prihatinya terhadap perlakukan salah satu oknun dosen di STIP Wuna Raha tersebut. Pasalnya, tindakan tersebut merupakan sebuah cambukkan bagi civitas akademika STIP Muna. ” karena dengan begitu maka kualitas pendidikan di STIP Muna akan berpengaruh, “bebernya.

Apalagi saat ini STIP Muna Raha sedang gencar-gencarnya melakukan konsolidasi untuk kenaikan statusnya sebagai universitas, tentu dengan kejadian ini akan sedikit menjadi pertimbangan.

“Kami menghimbau, agar pimpinan Yayasan STIP Muna dan pemerintah daerah dapat mengevaluasi kembali kinerja birokrasi kampus. Jangan sampai tindakan-tindakan seperti ini dapat menjadi penghambat mimpi kita bersama untuk menjadikan STIP Muna sebagai universitas, “pungkasnya.

Diketahui sejumlah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muna yang tergabung dalam dua lembaga organisasi eksternal yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Penyelamat organisasi (MPO) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Muna gelar aksi unjuk rasa yang dipusatkan di pelataran Tugu Jati Raha. (*)
Dilihat oleh La

X

Pin It on Pinterest

X
Share This