Utamakan Keselamatan Penumpang, KUPP Pantau Info BMKG

image_pdfimage_print

Peliput: Prasetio M Editor: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas I Kota Baubau selalu melakukan koordinasi dengan BMKG Stasiun Betoambari terkait info perkembangan cuaca. Hal ini untuk mengantisipasi adanya cuaca buruk di wilayah Sulawesi Tenggara.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas I Kota Baubau M Tohir saat di temui di ruangannya Jumat (12/01) mengatakan, pemantauan cuaca wajib dilakukan.

Dikatakan, salah satu upaya dalam menjaga keselamatan penumpang antara lain tidak memberikan izin untuk berlayar ke kapal-kapal antar pulau di wilayah Sultra, seperti Wakatobi. Hal itu di lakukan untuk menjaga keselamatan parta penumpang dalam melakukan perjalanan menggunakan jalur laut.

“Seperti akhir Desember 2017 baru-baru ini, kita memberhentikan keberangkatan beberapa kapal di karenakan gelombang tinggi dan hujan deras disertai angin, itu semua untuk menjaga keselamatan penumpang kapal,” kata M Tohir.

Sementara untuk keberangkatan kapal penumpang Pelni, pihaknya masih memberikan izin. Pasalnya desain kapal tersebut memang dirancang sedemikian rupa untuk dapat menghadapi gelombang besar.

“Waktunya yang agak molor, tapi tetap dia sesuai jadwal, hanya kapal-kapal antar pulau itu yang perlu kita waspadai untuk cuaca buruk,” tutupnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This