Bawaslu Sultra: PPL Ujung Tombak Keberhasilan Pemilu

image_pdfimage_print

-150 Panitia Pengawas Lapangan Dilantik

Peliput: Iman Supa

RAHA,BP – 150 Panitia Pegawas Lapangan (PPL) di Kabupaten Muna dilantik, pelantikan digelar di Aula Galampano Kantolalo, Kamis(18/01). PPL yang telah dilantik akan ditempatkan di setiap desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Muna untuk melaksanakan pengawas pemilihan gubernur Sultra.

Anggota Bawaslu Provinsi Sultra Bidang Koordinator Defisit Organisasi dan SDM, Dr H Hady Machmud mengungkapkan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) yang akan ditempatkan di berbagai desa dan kelurahan memiliki peran penting dan menjadi ujung tombak keberhasilan pemilu. Selain bertugas mengawasi pemilihan gubernur, tugas anggota PPL terus berlanjut untuk mengawasi pemilihan Anggota Legislatif dan Pemilihan Presiden dan wakil Presiden sehingga memperoleh dua Surat Keputusan (SK).

“Keberhasilan Pemilu sangat ditentukan oleh PPL. Sebab PPL sebagai ujung tombak yang tugasnya melakukan pemutahiran data pemilih, memastikan tahapan pemilu yang telah sesuai mekanisme hingga memantau para ASN, Anggota TNI/Polri, Pemerintah Desa (Pemdes) yang ikut melakukan praktis politik, Parpol maupun pihak KPUD dalam menjalankan tugas sesuai regulasi,” ungkapnya.

Dalam memperkuat kinerja PPL, Pihaknya akan melakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) yang telah diatur per zona. Ia menyampaikan berdasarkan pengalaman terburuk pelaksanaan pemilihan Bupati dan wakil Bupati lalu menjadi serah dunia yang terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU) hingga kembali PSU. Dalam mengantisipasi terjadi pelanggaran pemilih memastikan DPT usia yang berumur 17 tahun, Pemilih yang sudah menikah bisa masuk memilih.

“lni pembelajaran bagi kita (Pengawas) Sultra masuk indeks pelanggaran urutan ke lima, yang pertama Papua, Kaltim, Sumatra, Aceh, hingga Sultra, atasan kelalaian pihak pengawas hingga DKPP melakukan pemberhentian,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Muna, Ir H Abdul Malik Ditu menambahkan sebagai ujung tombak harus bekerja sesuai tupoksi. Dalam bekerja anggota PPL wajib menjalankan tugas dengan baik sehingga saat pemilihan nantinya dapat berjalan dengan baik.

“Mudah-mudahan semua anggota PPL melaksanakan tugas dengan baik, sehingga menciptakan gubernur dan wakil gubernur yang skala,
selamat dan bekerja dengan baik sehingga tidak ada keraguan dalam menemukan kejanggalan dilapangan,” tambahnya.

Pelantikan itu turut hadir Wakil Bupati Muna, Ir H Abdul Malik Ditu, Anggota Bawaslu Provinsi Sultra Bidang Koordinator Defisit Organisasi dan SDM, Dr Hj Hady Machmud, Forkopinda, Anggota KPUD Muna, Sulaiman Loga, Ketua Panwaslu, Al Abzal Naim dan Seluruh Anggota Panwaslu.(*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This