Dugaan Pelanggaran Panwas Baubau Laporkan KPU ke DKPP

image_pdfimage_print

Peliput : Prastio M

Editor: Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Baubau laporkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Baubau ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Laporan ini diduga kuat KPU Baubau melanggar asas/prinsip penyelengara Pemilu.

Kordiv Hukum dan Penindakan Pelanggaran Panwaslu Kota Baubau Wa Ode Frida Vivi Oktavia SH saat dikonfirmasi Baubau Post via Whatsapp, selasa (30/01) membenarkan hasil pleno tentang pelanggaran asas prinsip KPU Baubau. Hal tersebut berdasarkan fakta terungkap dalam musyawarah sengketa, terkait verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU Baubau kepada pasangan calon perseorangan IBM-Ilyas beberapa waktu lalu.

Dikatakan, kuat dugaan KPU Baubau melanggar prinsip penyelenggara Pemilu di Kota Baubau, sebagaimana telah diatur dalam PKPU No 3 tahun 2017 jo PKPU No 15 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota pasal 2 dan Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu No 2 tahun 2017 tentang kode etik dan pedoman perilaku penyelengara Pemilu.

Selanjutnya KPU juga diduga kuat melanggar pasal 13 huruf f UU No 8 tahun 2015 tentang perubahan atas UU No 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi UU.

Hasil tersebut telah diplenokan oleh pihak Panwas Baubau, senin malam (29/01) untuk kemudian diserahkan ke pihak DKPP sebagai temuan atas dugaan kuat pelangaran prinsip penyelengara pemilu (KPU Baubau, red). Terlapor sendiri memuat lima nama Komisioner KPU Kota Baubau.

Sanksinya nanti DKPP yang tentukan” tutupnya.

Sementara itu, Komisoner KPU Baubau La Ode Ijidman dikonfirmasi terkait hasil pleno Panwaslu Kota Baubau mengatakan, semua prosedur PKPU terkait verifikasi faktual sudah dilaksanakan dengan baik. Namun demikian, pihaknya menghargai apa yang dilakukan oleh Panwaslu yang juga sebegai penyelenggara pemilu.

“Kalaupun ada laporan ke DKPP, kami ada ruang untuk melakukan klarifikasi terkait langkah yang dilakukan KPU Baubau dalam melakukan verifikasi faktual terhadap calon perseorangan,”singkatnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This